Text
Dropship Marketing System Tinjauan Maqashid Syariah Kontemporer Jasser Auda (Studi Kasus Purnama Galery dan Al-Ghifary Shop di Pamekasan)
Kata kunci : dropship, marketing, maqashid syariah kontemporer.
Pola bisnis masyarakat di era digital memunculkan Dropship Marketing
System sebagai suatu sistem bisnis baru yang mudah dan murah. Sistem ini
memanfaatkan e-commerce (electronic commerce) sebagai penghubung antara
supplier, customer, dan dropshipper yang saling terikat dalam hubungan
mutualisme. Sistem ini menyebabkan batas-batas kegiatan ekonomi semakin
menipis baik dalam perdagangan nasional maupun internasional. Evektivitas
sistem ini bergantung pada jalinan kerja antara supplier dan dropshipper, baik
saling mengenal maupun tidak. Dropship Marketing System banyak diminati
masyarakat bisnis modern sebab lebih hemat waktu, tenaga, dan biaya dalam
pelaksanaannya. Fakta inilah yang menarik perhatian penulis untuk mengkajinya
lebih intens.
Akan tetapi, yang menjadi sorotan dalam tesis ini yaitu tidak adanya
keberadaan barang yang dijual di tangan dropshipper maupun pengalihan
kepemilikan, sedangkan dalam Kitab yang ditulis oleh Muhammad Badruddin
Ad-Dimasyqi menekankan keberadaan barang di tangan penjual dan diketahui
wujudnya. Sehingga, pelaksanaan dari sistem ini secara otomatis mempertanyakan
kemaslahatan yang diperoleh terutama bagi customer sebagai end user. Untuk
merespon problematika ini, maka dilakukan penelitian dengan qualitative
approach dengan jenis penelitian explanatory research. Adapun lokasi penelitian
ini dilakukan di Purnama Galery dan Al-Ghifary Shop di Pamekasan yang mana
pengumpulan datanya dilakukan dengan metode observasi partisipan, wawancara,
dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep dan strategi bisnis dropship
marketing system yang dijalankan oleh Purnama Galery dan Al-Ghifary Shop
mengarah pada trust, service, and loyal yang dilakukan secara optimal untuk
membangun kepercayaan customer sebagaimana yang ditekankan dalam Islam.
Sedangkan penerapan dropship marketing system di Purnama Galery dan AlGhifary Shop Pamekasan relevan dengan maqashid syariah kontemporer Jasser
Auda yang filosofis, humanis, dan reformatif. Ketiga unsur tersebut dicerminkan
melalui kerja sama kemitraan yang jelas dan sistematis, transparansi produk dan
harga produk, adanya business education, product references, online catalogue,
serta sistem bisnis yang update.
Tidak tersedia versi lain