Text
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Al Islam Melalui Model Pembelajaran Team Game Tournament Di Kelas Fase E1 SMA Muhammadiyah 1 Sumenep
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Team Game Tournament.
Team Game Tournament merupakan salah satu jenis atau gaya
pembelajaran kooperatif atau Cooperative Learning. Pembelajaran ini
mengutamakan kegiatan pembelajaran yang melibatkan kerjasama antar siswa
dalam kelompok besar berdasarkan konsep Turnamen Akademik. Guru
merupakan faktor yang sangat penting keberadaannya dalam mengelola proses
pembelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran, guru diharapkan paham dan
mampu menerapkan strategi pembelajaran seperti penggunaan model
pembelajaran kooperatif yaitu Team Game Tournament.
Berdasarkan hal tersebut, terdapat tiga rumusan masalah yang menjadi
pembahasan dalam penelitian ini, yaitu; pertama, Bagaimana penerapan model
pembelajaran Team Game Tournament pada pelajaran Al Islam di kelas Fase E1
SMA Muhammadiyah 1 Sumenep, Bagaimana efektivitas penggunaan model
pembelajaran Team Game Tournament dalam meningkatkan hasil belajar siswa
pada pelajaran Al Islam di kelas Fase E1 SMA Muhammadiyah 1 Sumenep,
Apakah penerapan model pembelajaran Team Game Tournament dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Al Islam di kelas Fase E1 SMA
Muhammadiyah 1 Sumenep.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (classroom
action research). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas Fase E1 SMA
Muhammadiyah 1 Sumenep, Kabupaten Sumenep. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, dan untuk analisis data dari
penelitian ini dilakukan secara analisis statistika deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, Penerapan model
pembelajaran Team Game Tournament pada pelajaran Al Islam di kelas Fase E1
SMA Muhammadiyah 1 Sumenep dilaksanakan dalam dua Siklus yaitu pada
tanggal 13 dan 20 Januari 2023. Kedua, Efektifitas penggunaan model
pembelajaran Team Game Tournament pada siklus I nilai persentasenya 53,1%
(kategori cukup) dan pada siklus II persentasenya 84,4% (kategori sangat baik)
sehingga dapat dipastikan bahwa peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran
Al Islam melalui model pembelajaran Team Game Tournament di kelas Fase E1
SMA Muhammadiyah 1 Sumenep dikatakan efektif. Ketiga, Hasil belajar siswa
kelas Fase E1 SMA Muhammadiyah 1 Sumenep siklus I memperoleh persentase
54,5% sedangkan siklus II memperoleh 86,4%, sehingga penerapan model
pembelajaran Team Game Tournament dikatakan berhasil dalam meningkatkan
hasil belajar mata pelajaran Al Islam di kelas Fase E1 SMA Muhammadiyah 1
Sumenep
Tidak tersedia versi lain