Text
eran Wamira Mart Dalam Memasarkan Produk UMKM Di Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci: Wamira Mart, Memasarkan, Produk UMKM.
Pemasaran merupakan langkah terpenting dalam mengembangkan bisnis.
Pemasaran toko modern seperti Wamira Mart marupakan singkatan dari (Warung
Milik Rakyat) atau dikenal dengan toko modern, yang di gagas oleh Bupati
Pamekasan di bawah naungan dinas koperasi dan usaha mikro (Diskop) pamekasan.
Wamira Mart merupakan sarana toko modern yang dijadikan untuk memasarkan
produk UMKM secara offline. Produk UMKM diberdayakan ekonominya oleh
pemerintah dengan cara diberikan pelatihan secara gratis dan diberikan bantuan
serta sarana dan prasarana alat-alat produksinya.
Ada tiga permasalahan dalam penelitian ini diantaranya: Srategi,
Manajemen serta Peran Wamira Mart Dalam Memasarkan Produk UMKM Di
Kabupaten Pamekasan. Untuk menjawab permasalahan ini dilakukan penelitian
dengan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan study kasus, lokasi penelitian
memilih sembilan toko Wamira Mart yang ada di Kabupaten Pamekasan,
Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi nonpartisipan, wawancara
semi terstruktur dan metode dokumentasi terhadap sejumlah sember terkait.
Analisis data dilakukan selama dan setelah penelitian berlangsung dengan
menggunakan model analisis interaktif.
Hasil penelitian ini mennunjukkan bahwasanya: 1. Strategi yang dipakai
oleh Wamira Mart memakai konsep marketing mix. Penentuan desain produk
dengan desain harga ditentukan langsung oleh pihak UMKM yang menjual
produknya terhadap Wamira Mart, dalam penentuan harga berdasarkan pada harga
dasar produk dari produsen terlebih dahulu, kemudian dengan mempertimbangkan
harga pasar, biaya operasional dan keuntungan yang layak akan ditetapkan harga
jual. Strategi penentuan lokasi Wamira Mart ada lima persyaratan yang telah
ditentukan oleh pihak Wamira Mart, dalam strategi promosiannya lebih
menitikberatkan terhadap promosi melalui media cetak dan digital. 2. Manajemen
pemasaran Wamira Mart mencakup lima konsep, a). Konsepan produksi, b).
Konsepan Produk, c). Konsepan penjualan, d). Konsepan pemasaran, e). Konsepan
pemasaran sosial. 3. Peran Wamira Mart dalam memasarkan produk UMKM di
Kabupaten Pamekasan yakni membantu memasarkan produk para UMKM dalam
penjualan, membantu memperkenalkan lebih luas lagi produk UMKM yang
awalnya tidak terlalu dikenal oleh masyarakat, Membantu meningkatkan
pemesanan produk UMKM serta membantu memperbaiki perekonomian
masyarakat.
Tidak tersedia versi lain