Text
Strategi Belajar yang digunakan oleh Mahasiswa Salah Jurusan dalam Belajar Speaking Bahasa Inggris pada Mahasiswa Semester Empat Prodi TBI IAIN Madura
Kata Kunci: Strategi Belajar, Mahasiswa Salah Jurusan, Speaking Bahasa Inggris
Mahasiswa salah jurusan merupakan istilah yang tidak asing bagi kita.
Mahasiswa salah jurusan merupakan kondisi di mana mahasiswa merasa salah
dalam memilih jurusan yang ia pilih dalam menempuh jenjang pendidikan strata 1.
Meskipun begitu, dipercaya terdapat respon dalam penanganan kondisi sulit yang
disebut sebagai coping mechanism. Dalam coping mechanism sendiri, terdapat dua
respon, yaitu respon untuk melawan atau menghadapi (fight) dan respon untuk
menghindar (flight). Dalam hal ini, peneliti tertarik untuk meneliti respon
mahasiswa dalam menghadapi konflik, yaitu respon untuk melawan (fight). Dalam
pembelajaran bahasa, respon ini dapat berupa strategi belajar yang dimiliki oleh
mahasiswa dalam menghadapi kondisi sulit di dalam pembelajaran berbicara
bahasa Inggris.
Berdasarkan hal tersebut, peneliti merumuskan dua fokus penelitian yang
menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yang pertama adalah bagaimana strategi
belajar yang digunakan mahasiswa salah jurusan dalam belajar berbicara bahasa
Inggris. Yang kedua, apa saja masalah yang dihadapi mahasiswa salah jurusan
dalam belajar berbicara bahasa Ingris.
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
kualitatif deskriptif. Peneliti mengumpulkan data melalui obsservasi, wawancara,
dan dokumentasi. Sedangkan responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa
salah jurusan Prodi TBI Semester 4 dari kelas A, B, C, dan D.
Hasil dari penelitian ini adalah sebagian besar mahasiswa salah jurusan di
Prodi TBI semester 6 IAIN Madura memiliki strategi belajar tersendiri dalam
belajar berbicara bahasa Inggris, di antaranya adalah strategi cogintive,
metacognitive compensatory, social, memory dan affective. Terkait dengan
bagaimana mereka menerapkan strategi belajar bahasa dalam pembelajaran
berbicara, mahasiswa salah jurusan memiliki cara yang bervariasi. Mereka
menerapkan strategi dalam kebiasaan alami seperti menonton film berbahasa
Inggris, lagu, berinteraksi dengan teman, meniru cara penutur asli berbicara, serta
mengetahui tingkat kecemasan dalam pembelajaran mereka. Sedangkan untuk
permasalahan yang dihadapi mahasiswa dalam belajar berbicara bahasa Inggris di
antaranya adalah kesulitan dalam masalah linguistik, seperti tata bahasa,
pengucapan, dan kosa kata. Sedangkan masalah psikologi adalah kurangnya
kepercayaan diri dalam berbicara bahasa Inggris.
Tidak tersedia versi lain