Text
, Implementasi Visi Sekolah Dalam Membina Karakter Siswa di SMP Negeri 1 Galis Pamekasan
Kata Kunci: Implementasi, Visi, karakter.
Visi sekolah merupakan suatu proses yang menggambarkan serangkaian
kegiatan perencanaan dan penetapan sasaran suatu organisasi secara formal. Salah
satu upaya untuk membina karakter siswa yaitu dengan implementasi visi sekolah
yang harus dilakukan secara maksimal, agar mempunyai fungsi efektif di sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui implementasi visi sekolah dalam
membina karakter siswa di SMP Negeri 1 Galis Pamekasan, 2) mengetahui faktor
pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi visi sekolah dalam membina
karakter siswa di SMP Negeri 1 Galis Pamekasan.
Untuk mencapai tujuan diatas, peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif
dengan jenis deskriptif. Dalam pengumpulan data, peneliti ini menggunakan metode
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun dalam analisis data yang
digunakan adalah analisis data kualitatif yang terdiri dari tiga tahapan yaitu dengan
mmereduksi data kemudian mendisplaykan data dalam bentuk uraian singkat dan
penarikn kesimpulan secara fleksibel untuk menjawab permasalahan yang diteliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam membina karakter siswa melalui
visi sekolah di SMP Negeri 1 Galis Pamekasan mempunyai beberapa implementasi
yaitu: 1) kegiatan belajar mengajar, 2) kegiatan ekstrakurikuler pramuka, 3) kegiatan
ekstrakurikuler pengajian, 4) kegiatan ekstrakurikuler Tahfidzul Qur’an, 5) kegiatan
ekstrakurikuler kitab kuning, 6) kegiatan organisasi siswa intra sekolah. Selain itu,
juga tedapat faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam implementasi
visi sekolah untuk membina karakter siswa di SMP Negeri 1 Galis Pamekasan
yaitu: 1) sarana dan prasarana yang memadai, 2) lingkungan keluarga, 3) memberi
penghargaan bagi siswa yang berprestasi. Faktor penghambatnya yaitu: 1) salah
pergaulan, 2) media elektronik. Berdasarkan faktor penghambat tersebut juga
memiliki solusi dalam mengatasinya, diantaranya yaitu: melakukan kordinasi
dengan orang tua siswa yang bermasalah, memberikan skor kepada siswa yang
bermasalah agar tidak mengulangi kesalahan kembali.
Tidak tersedia versi lain