Text
Implementasi Perencanaan Sarana dan Prasarana dalam Pelaksanaan Program Adiwiyata di SMP Negeri 1 Pademawu Pamekasan
Kata Kunci : Perencanaan Sarana dan Prasarana, Program Adiwiyata.
Perencanaan sarana dan prasarana pendidikan merupakan proses perancangan
upaya pembelian, penyewaan, peminjaman, penukaran, daur ulang, rekondisi atau
rehabilitasi, distribusi atau pembuatan peralatan dan perlengkapan yang sesuai
dengan kebutuhan sekolah. Proses ini hendaknya melibatkan unsur-unsur penting
disekolah, seperti kepala sekolah dan wakilnya, guru, kepala TU, dan bendahara
serta komite sekolah. Dalam penelitian ini terdapat 3 fokus penelitian, Pertama
Perencanaan Sarana dan Prasarana di SMP Negeri 1 Pademawu, Kedua
Implementasi Perencanaan Sarana dan Prasarana dalam Pelaksanaan Program
Adiwiyata di SMP Negeri 1 Pademawu, Ketiga faktor Penghambat dan pendukung
Implementasi Perencanaan Sarana dan Prasarana dalam Pelaksanaan Program
Adiwiyata di SMP Negeri 1 Pademawu.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, sementara
jenis penelitiannya adalah deskriptif. Sumber data adalah Kepala Sekolah, guru dan
siswa, Dalam mendapatkan data peneliti menggunakan beberapa prosedur yakni
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian peneliti menganalisis data
dengan reduksi data, data Display (Penyajian data), Conclusion drawing/
verification. Untuk mendapatkan keabsahan data mengunakan perpanjang
keikutsertaan, ketekunan/keajegan pengamatan, triangulasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Perencanaan Sarana dan Prasarana yaitu
: a) Melalui Musyawarah terlebih dahulu, b) Melalui analisis kebutuhan dan
proyeksi. (2) Implementasi Perencanaan Sarana dan Prasarana dalam Pelaksanaan
Program Adiwiyata di SMP Negeri 1 Pademawu yaitu : a) Menganalisis faktor
lingkungan baik dari lingkungan internal maupun eksternal, b) Membuat dan
menetapkan strategi dari hasil analisis yang telah dilakukan, c) Strategi-strategi
yang telah ditetapkan tersebut, dilaksanakan sesuai dengan pembagian kerja yang
telah direncanakan, d) Baru setelah itu diadakan yang namanya evaluasi setiap 3
bulan satu kali. (3) faktor Penghambat dan pendukung Implementasi Perencanaan
Sarana dan Prasarana dalam Pelaksanaan Program Adiwiyata di SMP Negeri 1
Pademawu yaitu : a) Siswa yang berganti setiap tahun dan siswa berasal dari
lingkungan atau keluarga yang berbeda-beda, b) Faktor keluarga, c) Sebagaian kecil
masih ada guru yang tidak aktif dalam (POKJA) pelaksanaan program adiwiyata,
d) Masih ada guru yang merokok di lingkungan sekolah, e) Kurangnya pendanaan
sehingga sarana dan prasarana yang ada disekolah masih kurang memadai,
sedangkan Faktor Pendukungnya yaitu : a) Kerjasama dan sama kerja antara seluruh
elemen sekolah, b) Mengikuti peraturan yang ada disekolah seperti membuang
sampah pada tempatnya, c) Menciptakan POKJA, d) membentuk jadwal piket
pemantau kebersihan baik kelas maupun halaman sekolah, e) Siswa memang
berasal dari sekolah dasar adiwiyata, f) Semua guru menerapkan program
adiwiyata kedalam pembelajaran dan kehidupan berorganisasi.
Tidak tersedia versi lain