Text
Manajemen Pembelajaran Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa (SLB) Asih Mulya Gurem Pamekasan
Kata Kunci : Manajemen, Pembelajaran, Anak Berkebutuhan Khusus
Manajemen Pembelajaran merupakan kemampuan mengelola kegiatan
belajar mengajar dengan fungsi manajemen yaitu Perencanaan,
Pengorganisasian, Pelaksanaan serta Evaluasi. Di Sekolah Luar Biasa Asih
Mulya Gurem Pamekasan menerapkan sistem manjemen pembelajaran
sehingga, didalamnya terdapat pengelolaan pembelajaran yang baik.
Berasarkan hal tersebut maka ada tiga pokok yang menjadi permasalahan
dalam penelitian ini. Pertama, Bagaimana Manajemen Pembelajaran Pada
Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa (SLB) Asih Mulya Gurem
Pamekasan. Kedua, Apa Saja Faktor Pendukung Manajemen Pembelajaran
Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa (SLB) Asih Mulya
Gurem Pamekasan. Ketiga, Apa Saja Faktor Penghambat Manajemen
Pembelajaran Pada Anak Berkebutuan Khusus Di Sekolah Luar Biasa (SLB)
Asih Mulya Gurem Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualtatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan wawancara, observasi
dan dokumentasi. Sumber data dikelompokan menjadi tiga yakni, kepala
sekolah dan 2 guru di kelas anak tunarungu. Sedangkan analisis data dilakukan
sebelum dan sesudah dilapangan dengan melakukan pengecekan keabsahan
data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan
triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, Manajemen Pembelajaran
Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa Asih Mulya Gurem
Pamekasan yang terdiri dari Perencanaan Pembelajaran yang menggunakan
RPP dan Silabus. Pengorganisasian Pembelajaran yang pengaturan SDM sudah
ditentukan oleh kepala sekolah, Pelaksanaan Pembelajaran dimana
melaksanakan apa yang telah direncanakan yang dalam pelaksanannya ada tiga
kegiatan yakni kegiatan utama kegiatan inti dan kegiatan penutup, serta
Evaluasi Pembelajaran yang dilakukan satu bulan satu kali. Kedua, Faktor
pendukung proses pembelajaran pada anak berkebutuhan khusus Di Sekolah
Luar Biasa Asih Mulya yakni pendidik yang menggunakan peraga agar anak
dapat mengerti dan semangat anak ABK dalam proses pembelajaran
berlangsung. Ketiga, Faktor penghambat proses pembelajaran pada anak
berkebutuan khusus di sekolah luar biasa asih mulya ada beberapa faktor yakni
faktor orang tua yang tidak mau menyekolahkan anaknya yang memiliki
kebutuhan khusus, faktor pendidik yang kadang tidak memahami perbedaan
karakter dari masing-masing anak ABK, faktor anak ABK yang merasa jenuh
saat pembelajaran, dan faktor masyarakat yang beranggapan bahwa di sekolah
luar biasa ini hanya tempat untuk anak cacat.
Tidak tersedia versi lain