Text
Strategi Guru Tematik Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Kelas VI MI Sabilul Huda Ganding Sumenep,
Kata Kunci: Strategi Guru, Karakter Disiplin Siswa
Karakter disiplin merupakan salah satu nilai karakter yang memegang
peranan penting dalam perkembangan sikap sosial siswa. Manusia akan selalu bisa
mengendalikan dan mengontrol apa yang akan dilaksanakannya hanya dengan melalui
kehidupan yang teratur dan disiplin. Oleh karena itu, dalam dunia pendidikan, penting
bagi seorang guru untuk membentuk karakter disiplin siswa. Oleh karena itu peneliti
tertarik untuk strategi guru tematik dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas VI
MI Sabilul Huda.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi pokok
pembahasan dalam penelitian ini, yaitu: pertama bagaimana strategi guru tematik
dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas VIMI Sabilul Huda Ganding
Sumenep, kedua Apa saja hambatan atau kendala guru tematik dalam menerapkan
strategi pembentukan karakter disiplin siswa di kelas VI MI Sabilul Huda Ganding
Sumenep dan ketiga Apa saja indikator tercapainya tujuan pendidikan karakter
disiplin siswa kelas VIMI Sabilul Huda Ganding Sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian
deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh dari wawancara, observasi dan
dokumentasi. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah, guru tematik kelas VI serta
siswa/i MI Sabilul Huda Ganding Sumenep. Dan pegecekan keabsahan data dilakukan
dengan perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama,Strategi guru tematik
dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas VI MI Sabilul Huda adalah
memberikan peraturan, guru mampu menjadi teladan/contoh bagi siswa, memberikan
reward atau sekadar pujian kepada siswa yang rajin dan suka berperilaku disiplin, dan
yang terakhir adalah memberikan hukuman bagi yang melanggar. Kedua,faktor
penghambat atau kendala guru tematik dalam menerapkan strategi pembentukan
karakter disiplin siswa di kelas VI MI Sabilul Huda Ganding Sumenep adalah faktor
keluarga dan kesadaran diri. Ketiga, Indikator tercapainya tujuan pembentukan
karakter disiplin di kelas VI MI Sabilul Huda menurut kepala sekolah adalah ketika
sikap dan perilaku siswa sudah lebih terkontrol dari sebelumnya, serta lebih
bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri, dalam artian siswa sudah dapat
memahami apa saja yang menjadi kewajiban dan larangan bagi dirinya. Serta guru
tematik kelas VI MI Sabilul huda juga mengatakan bahwa indikatornya adalah ketika
siswa sudah lebih gampang diatur dan sudah paham tentang arti kedisiplinan.
Tidak tersedia versi lain