Text
Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalitas Pendidik di MAN Pamekasan.
Kata Kunci: Strategi, Kepala Madrasah, Profesionalitas Pendidik.
Tercapai tidaknya tujuan pendidikan tergantung kepada pemimpin
pendidikannya yaitu kepala madrasah sebagai penentu dalam setiap kebijakan
karena kepala madrasah memiliki tugas untuk mengendalikan semua aktivitas
yang terjadi di lingkungan lembaganya, salah satunya dalam meningkatkan
profesionalitas pendidik. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan
yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu: pertama, Bagaimana
gambaran tentang profesionalitas pendidik di MAN 2 Pamekasan; kedua,
Bagaimana strategi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalitas
pendidik di MAN 2 Pamekasan; ketiga, Apa saja faktor yang mempengaruhi
keberhasilan dalam meningkatkan profesionalitas pendidik di MAN 2 Pamekasan.
Untuk mencapai tujuan di atas, penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan jenis deskriptif. Dalam pengumpulan data, peneliti
menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun dalam
analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yang terdiri dari tiga
tahapan yaitu dengan mereduksi data kemudian mendisplaykan data dalam bentuk
uraian singkat dan penarikan kesimpulan secara fleksibel untuk menjawab
permasalahan yang diteliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, sikap profesionalitas yang
dimiliki pendidik di MAN 2 Pamekasan yaitu; pendidik memiliki komitmen untuk
mensukseskan siswanya dengan adanya sikap bertanggung jawab dalam
melakukan tugas-tugasnya mulai dari merencanakan, melaksanakan kegiatan
pembelajaran dengan metode pembelajaran yang aktif, menilai siswa dari
pengetahuan maupun spritualnya, loyalitas atau ketaatan pendidik terhadap aturan,
disiplin waktu mengajar, ada juga yang sudah memiliki karya ilmiah serta
pendidik berupaya terus mengembangkan dirinya melalui kegiatan MGMP
maupun pelatihan. Kedua, Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan
profesionalitas pendidik di MAN 2 Pamekasan sudah bisa dikatakan baik, yaitu;
melakukan supervisi setiap persemester, mengadakan dan mengikut sertakan
pendidik pada kegiatan-kegiatan pelatihan seperti bimtek, workshop serta juga
memberikan dukungan motivasi untuk selalu semangat dalam mengembangkan
diri. Ketiga, faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam meningkatkan
profesionalitas pendidik di MAN 2 Pamekasan yaitu faktor internal; adanya minat
dan motivasi pendidik untuk memberikan yang terbaik kepada siswanya,
sedangkan; faktor eksternal; Pengaruh lingkungan sekitar yaitu saling memotivasi
antar pendidik dan fasilitas yang cukup memadai; seperti ruangan dengan fasilitas
TV smart, wifi, serta lab. komputer.
Tidak tersedia versi lain