Text
Manajemen Program “SMK Mini” dalam Upaya Peningkatan Keterampilan Wirausaha Siswa di SMK Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan
ta Kunci: Manajemen, Program SMK Mini, Wirausaha Siswa
Dalam setiap lembaga pendidikan, manajemen merupakan hal penting
untuk diterapkan sebagai bentuk implementasi baik untuk pengelolaan sekolah
sendiri atau suatu kegiatan seperti program kewirausahaan. Di SMK Miftahul
Qulub Pamekasan menerapkan program kewirausahaan yang dikenal dengan SMK
Mini, yang mana program itu membutuhkan manajemen yang baik untuk mencapai
tujuan diharapkan. Salah satu tujuan program SMK Mini di SMK Miftahul Qulub
Pamekasan yaitu untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam bidang wirausaha.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini: pertama bagaimana perencanaan program “SMK Mini”
dalam upaya peningkatan keterampilan wirausaha siswa di SMK Miftahul Qulub
Polagan Galis Pamekasan, kedua bagaimana pelaksanaan program “SMK Mini”
dalam upaya peningkatan keterampilan wirausaha siswa di SMK Miftahul Qulub
Polagan Galis Pamekasan dan ketiga bagaimana hasil program “SMK Mini” dalam
upaya peningkatan keterampilan wirausaha siswa di SMK Miftahul Qulub Polagan
Galis Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber
informasi dari kepala sekolah, guru/sekretaris SMK Mini, guru/pelaksana produksi
SMK Mini dan siswa/i SMK Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan. Sedangkan
pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan,
ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, perencanaan program
“SMK Mini” dalam upaya peningkatan keterampilan wirausaha siswa dilakukan
dengan mengajukan proposal kepada Provinsi Jawa Timur, setelah mendapatkan
buku Juknis kepala sekolah menindaklanjuti perencanaan program SMK Mini
dengan melakukan pengorganisasian. Kedua, pelaksanaan program “SMK Mini”
dalam upaya peningkatan keterampilan wirausaha siswa yaitu dilakukan sejak
tahun 2020 dengan mengadakan pelatihan yang difokuskan pada pembuatan
produk, salah satunya gantungan kunci, menyatupadukan kemampuan dan keahlian
siswa/i TKJ dan ITL dalam satu program, dengan hambatan kurangnya alat dan
bahan, ruangan yang kurang memadai, serta kurangnya rasa percaya diri siswa.
Ketiga, hasil dari adanya program “SMK Mini” dalam upaya peningkatan
keterampilan wirausaha siswa bisa mengembangkan sekolah di bidang
entrepreneur, meningkatkan keterampilan siswa, mencetak alumni yang mampu
berwirausaha berbagai souvenir secara mandiri.
Tidak tersedia versi lain