Text
Pembentukan Kedisiplinan Siswa Melalui Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di MA Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan
Kata Kunci: Kedisiplinan, Konseling, Manajemen
Permasalahan yang sering terjadi dan muncul pada siswa pada
saat ini yaitu mengenai kedisiplinan siswa di sekolah. Untuk
mengatasinya maka perlu adanya program kegiatan yang dapat
membantu dalam masalah kedisiplinan. Program kegiatan untuk
kedisiplinan tersebut sejalan dengan program bimbingan konseling yaitu
memberikan sebuah pelayanan yang bertujuan untuk pembentukan
kedisiplinan pada siswa sehingga siswa mencapai perkembangan yang
optimal dan kemandirian yang baik , baik secara aspek belajar ataupun
karier.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yaitu :
Pertama bagaimana perencanaan program bimbingan konseling dalam
pembentukan kedisiplinan siswa di MA Miftahul Qulub Polagan Galis
Pamekasan, Kedua bagaimana pelaksanaan program bimbingan
konseling dalam pembentukan kedisiplinan siswa di MA Miftahul Qulub
Polagan Galis Pamekasan, Ketiga bagaimana evaluasi program
bimbingan konseling dalam pembentukan kedisiplinan siswa di MA
Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan.
Dalam penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan
jenis deskriptif. Prosedur pengumpulan data melalui observasi ,
wawancara, dan dokumentasi, dengan informan kepala sekolah, guru
bimbingan konseling, guru wali kelas dan siswa. Sedangkan pengecekan
keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan
pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian yang telah di lakukan menunjukkan bahwa :
pertama perencanaan program bimbingan dan konseling dalam
pembentukan kedisiplinan siswa di MA Miftahul Qulub, Polagan, Galis,
Pamekasan dengan melakukan rapat guru serta ada 5 tahap: melihat
masalah siswa menggunakan instrumen DCM, penentuan tujuan,
menentukan jenis kegiatan, penentuan waktu dan tempat, dan penentuan
fasilitas. Kedua, pelaksanaan program bimbingan dan konseling yakni
layanan bimbingan klasikal terjadwal dengan dilaksanakan seminggu
sekali. Dalam pelaksanaannya guru BK memberikan materi tentang
kedisiplinan dan disertakan dengan praktiknya. Ketiga, evaluasi program
bimbingan dan konseling dilaksanakan oleh kepala sekolah dan guru BK
dengan cara menyebar angket evaluasi hasil layanan bimbingan klasikal
kepada siswa.
Tidak tersedia versi lain