Text
Strategi Guru dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Kelas 4 di SDN Prekbun Pademawu
Kata Kunci: Strategi Guru, Proses Pembelajaran
Guru memiliki strategi terhadap keberhasilan pembelajaran di sekolah. Guru juga
sangat berperan dalam membantu perkembangan peserta didik untuk
meningkatkan proses pembelajaran. Guru merupakan faktor penentu dalam
keberhasilan proses pembelajaran Oleh karena itu, dibutuhkan strategi yang tepat
dalam meningkatkan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: 1)
Mengetahui strategi guru dalam meningkatkan proses pembelajaran kelas 4 di
SDN Prekbun Pademawu, 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat
dalam meningkatkan proses pembelajaran kelas 4 di SDN Prekbun Pademawu.
Untuk mencapai tujuan diatas, peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif
dengan jenis deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer (
Guru kelas 4, siswa kelas 4, Kepala sekolah) dan sumber data sekunder
(dokumentasi). Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan metode
wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun dalam analisis data kualitatif
yang terdiri dari tiga tahapan yaitu dengan mereduksi data, mendisplaykan data
dalam bentuk uraian singkat dan penarikan kesimpulan secara fleksibel untuk
menjawab permasalahan yang diteliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam meningkatkan proses pembelajaran
kelas 4 di SDN Prekbun Pademawu yaitu (1) Strategi yang digunakan adalah 1)
Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP 2) Menerapkan
pembelajaran Kooperatif Learning dan menggunakan metode yang tepat dan
bervariasi 3) Melakukan Praktik dalam pembelajaran 4) Menggunakan Media
Pembelajaran yang sesuai dengan materi yang disajikan. (2) Faktor pendukung
dalam meningkatkan proses pembelajaran kelas 4 di SDN Prekbun Pademawu
yaitu: 1) Tersedianya fasilitas (ruang kelas) yang cukup luas 2) Media
pembelajaran. Faktor penghambatnya yaitu: 1) Faktor Siswa 2) Faktor Sarana dan
Prasarana kurang memadai. Berdasarkan faktor penghambat tersebut juga
memiliki solusi dalam mengatasinya yaitu: 1) Melibatkan siswa aktif dalam
proses pembelajaran dengan memberikan pertanyaan untuk memancing keaktifan
siswa 2) Siswa diberikan motivasi supaya siswa percaya diri untuk mau belajar
lagi dan 3) Guru harus memiliki ide atau gagasan untuk pembelajaran sehingga
dengan keterbatasan sarana tidak menghambat proses pembelajaran dengan
menggunakan milik pribadi.
Tidak tersedia versi lain