Text
Upaya Guru Untuk Memecahkan Problematika Rendahnya Minat Belajar Siswa Di SMPN 8 Pamekasan
Kata Kunci: Upaya Guru, Problematika, Rendahnya Minat Belajar
Upaya guru dalam memecahkan problematika rendahnya minat belajar
siswa yang berbasis keilmuan dengan tujuan membentuk generasi yang bisa
menanamkan nilai positif dan bisa berdaya saing dalam konteks pendidikan.
Sehingga dalam hal ini ada beberapa metode pembelajaran yang telah guru
terapkan dan media pembelajaranuntuk mendukung proses belajar dengan baik.
Berdasarkan hal tersebut ada tiga permasalahan yang menadi kajian pokok
didalam penelitian ini, yaitu: pertama bagaimana peran guru dalam memecahkan
problematika rendahnya minat belajar siswa di SMPN 8 Pamekasan, kedua apa
saja faktor pendukung guru dan penghambat dalam memecahkan problematika
rendahnya minat belajar siswa di SMPN 8 Pamekasan, ketiga bagaimana cara
guru dalam mengatasi faktor penghamabat dalam memecahkan problematika
rendahnya minat belajar siswa di SMPN 8 Pamekasan. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Tekhnik
pengumpulan data diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Sumber data dikelompokkan menjadi tiga yaitu kepala sekolah, guru kelas, dan
guru bimbingan konseling dan juga siswa/i di SMPN 8 Pamekasan. Sedangkan
analisis data sebelum dan sesudah dilapangan dengan pengecekan keabsahan data
dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan
triangulasi.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: bagaimana peran guru dalam
memecahkan problematika rendahnya minat belajar siswa di SMPN 8 Pamekasan
dilakukan dengan kepala sekolah mengadakan rapat dengan para guru serta
membentuktim pelaksana program kegiatan ini dan mengahadirkan wali murid
untuk bekerjasama dalam menjalan program tersebut, kedua apa saja faktor
pendukung guru dan penghambat dalam memecahkan problematika rendahnya
minat belajar siswa di SMPN 8 Pamekasan faktor pendukung guru dalam
menjalankan program ini yaitu guru telah menerapkan beberapa metode
pembelajaran dengan tujuan menarik minat siswa serat menyediakan media untuk
keberlangsungan proses pembelajaran sehingga memudahkan dalam
menyampaikan adapun faktor penghambat yang lebih mendominan yaitu dari
lingkungan keluarga itu sendiri, ketiga bagaimana cara guru dalam mengatasi
faktor penghamabat dalam memecahkan problematika rendahnya minat belajar
siswa di SMPN 8 Pamekasan faktor penghamabat dalam kegiatan program ini
yaitu lingkungan keluarga yang berdampak besar bagi seorang peserta didik akan
tetapi sekolah telah menyediakan beberapa solusi mulai darimerubah metode
pembelajaran, fasilitas yang memadai, serta media-media pembelajaran untuk
memudahkan siswa dalam memehami pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain