Text
Strategi Kepala Madrasah dalam Mewujudkan Prestasi Siswa di MAN 1 Pamekasan
Kata Kunci: Strategi, Kepala Madrasah, dan Prestasi
Strategi kepala madrasah merupakan salah satu usaha untuk mewujudkan
prestasi siswa baik akademik maupun non akademik. Dalam melakukan proses
kepemimpinanya, tentunya terdapat strategi-strategi yang dilakukan oleh kepala
madrasah sebagai pimpinan yang ada di sekolah dalam rangka meningkatkan
prestasi-prestasi siswa sebagai salah satu indikator keberhasilan pengelolaan
sekolah. Seorang kepala madrasah memiliki fungsi dan bertugas sebagai
edukator, manajer, administrator, supervisor, leader,inovator dan motivator.
Penelitian ini dilakukan dalam upaya untuk mengetahui dan menganalisis
mengenai Bagaimana upaya kepala madrasah dalam mewujudkan prestasi siswa
di MAN 1 Pamekasan, pada sisi lain penelitian ini untuk mengetahui apa saja
faktor pendukung dan penghambat strategi kepala madrasah dalam Mewujudkan
Prestasi siswa di MAN 1 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan metode
kualitatif dan pendekatan deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara,
observasi, serta dokumentasi. Informannya adalah kepala madrasah, waka
kesiswaan, dan wali kelas. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan
melalui perpanjangan, pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi yang dilakukan kepala
madrasah dalam mewujudkan prestasi siswa perlu adanya kelas tambahan,
membuka jalur prestasi, anggaran yang cukup, serta mendatangkan guru dari luar.
Kemudian motivasi yang diberikan kepala madrasah terhadap pendidik dan
peserta didik dalam mewujudkan prestasi siswa yaitu perlu adanya kerjasama
serta kedisiplinan. Selanjutnya metode yang digunakan dalam pembelajaran untuk
mewujudkan prestasi siswa yaitu dengan adanya metode diskusi dan metode
ceramah. Selainn itu prestasi yang sudah diraih oleh MAN 1 Pamekasan baik
akademik maupun non akademik yaitu telah mencapai lebih dari 150 medali
ditingkat nasional, dan beda lagi dari tingkat yang lainnya. Kemudian dampak dari
strategi kepala madrasah dalam mewujudkan prestasi siswa yaitu mengalami
peningkatan dari tahun sebelumnya. dan evaluasi kepala madrasah dalam
mewujudkan prestasi siswa melalui praktek serta pemberian tugas. (2) Faktor
pendukung yaitu kepala madrasah menyediakan fasilitas yang memadai,
mendatangkan tenaga pembimbing, dan memberikan upah atau hadiah.
Sedangkan faktor penghambat yaitu minimnya anggaran dana serta kurang
semangat dari siswa atau siswa merasa jenuh dalam beanyaknya even perlombaan
yang diikuti. Solusi dari faktor prnghambat yaitu guru mengadakan talangan dana
dan memberikan upah atau hadiah kepada siswa meskipun tidak berhasil dalam
mendapatkan juara.
Tidak tersedia versi lain