Text
Manajemen Pembelajaran Anak Tunarungu Meningkatkan Pemahaman Terhadap Materi di Kelas III SD Asih Mulya Pamekasan
Kata Kunci : ManajemenPembelajaran, Anak Tunarungu, Meningkatkan Pemahaman
Materi
Manajemen Pembelajaran merupakan kemampuan mengelola kegiatan belajar mengajar
dengan fungsi manajemen yaitu Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan serta Evaluasi. Di
Sekolah Luar Biasa Asih MulyaPamekasan menerapkan sistem manjemen pembelajaran
sehingga, didalamnya terdapat pengelolaan pembelajaran yang baik. Berdasarkan hal tersebut
maka ada dua pokok yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini. Pertama, Bagaimana
Penerapan Manajemen Pembelajaran Anak Tunarungu dalam Meningkatkan Pemahaman
Terhadap Materi di Kelas III SD Asih Mulya Pamekasan.Kedua, Apa Saja Faktor Pendukung
dan Penghambat Penerapan Manajemen Pembelajaran Anak Tunarungu dalam Meningkatkan
Pemahaman Terhadap Materi di Kelas III SD Asih Mulya Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualtatif dengan jenis penelitian deskriptif.
Teknik pengumpulan data diperoleh dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber
data dikelompokan menjadi tiga yakni, kepala sekolah dan 2 guru di kelas anak tunarungu.
Sedangkan analisis data dilakukan sebelum dan sesudah dilapangan dengan melakukan
pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan
pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, Manajemen Pembelajaran Anak
Tunarungu dalam Meningkatkan Pemahaman Terhadap Materi di Kelas III SD Asih Mulya
Pamekasan yang terdiri dari Perencanaan Pembelajaran yang menggunakan RPP dan Silabus.
Pengorganisasian Pembelajaran yang pengaturan SDM sudah ditentukan oleh kepala sekolah,
Pelaksanaan Pembelajaran dimana melaksanakan apa yang telah direncanakan yang dalam
pelaksanannya ada tiga kegiatan yakni kegiatan utama kegiatan inti dan kegiatan penutup, serta
Evaluasi Pembelajaran yang dilakukan satu bulan satu kali dengan menggunakan tes tulis.
Kedua, Faktor pendukung proses pembelajaran pada anak tunarungu ssdalam meningkatkan
pemahaman terhadap materi di kelas III SD Asih Mulya yakni pendidik yang menggunakan
peraga serta bahasa isyarat agar anak tunarungu dapat mengerti dan semangat dalam proses
pembelajaran berlangsung serta metode dan motivasi guru. Ketiga, Faktor penghambat proses
pembelajaran pada anak tunarungu dalam meningkatkan pemahaman terhadap materi di kelas III
SD Asih Mulya ada beberapa faktor yakni faktor adanya siswa yang jarang masuk kelas sehingga
membuat siswa kurang memahami materi, adanya siswa yang sering gaduh sehingga
menghambat pada proses pembelajaran mereka, adanya siswa yang sering bermain sendiri dan
tidak mendengarkan penjelasan guru.
Tidak tersedia versi lain