Text
Manajemen Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Jumlah Siswa Baru di MAN 2 Pamekasan
Kata Kunci: Manajemen Pemasaran Pendidikan, Meningkatkan Jumlah Siswa Baru.
Manajemen pemasaran pendidikan dalam lembaga pendidikan sangat dibutuhkan dan
memberikan peran yang sangat penting terhadap keberlangsungan proses belajar mengajar di
sekolah. Karena jika manajemen pemasaran pendidikan diterapkan dengan baik dan
dimaksimalkan maka dapat menarik minat calon siswa baru, hal tersebut dapat dipastikan bahwa
kegiatan manajemen pemasaran pendidikan berhasil dilakukan. Sebagaimana di MAN 2
Pamekasan yang sudah menerapkan kegiatan manajemen pemasaran pendidikan dengan baik.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang akan menjadi topik utama
pembahasan dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana fungsi manajemen pemasaran
pendidikan dalam meningkatkan jumlah siswa baru di MAN 2 Pamekasan. Kedua, Bagaimana
strategi manajemen pemasaran pendidikan dalam meningkatkan jumlah siswa baru di MAN 2
Pamekasan. Ketiga, Apa saja faktor pendukung dan penghambat dari manajemen pemasaran
pendidikan dalam menigkatkan jumlah siswa baru di MAN 2 Pamekasan. Penelitia ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh
yaitu melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah
kepala madrasah, wakil kepala madrasah, siswa kelas x, dan pihak yang memiliki peran penuh
terhadap kegiatan tersebut. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber dan
triangulasi metode.
Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa: Pertama, manajemen pemasaran
pendidikan dalam meningkatkan jumlah siswa baru di MAN 2 Pamekasan sudah berhasil, karena
sudah menerapkan sesuai dengan fungsi manajemen itu sendiri yaitu POAC (Planning,
Organizing, Actuating, Controling). Planning (perencanaan) dalam kegiatan pemasaran
pendidikan yaitu dengan mengadakan rapat, Organizing (pengorganisasian) dengan adanya
pembentukan kepanitiaan, Actuating (pelaksanaan) setahun satu kali dari beberapa kegiatan
dengan menyesuaikan dengan kalender akademik, Controling (pengawasan) yaitu dengan
mengevaluasi dari kegiatan pemasaran pendidikan yang berlangsung dengan mengadakan rapat
evaluasi. Kedua strategi pemasaran pendidikan di MAN 2 Pamekasan yaitu melakukan sosialisasi
terhadap antar SMP sederajat, mengadakan lomba antar SMP sederajat dan mengikuti lomba.
Ketiga Faktor pendukungnya meliputi SDM yang berkompeten, sarana prasaran yang memadai
dan juga beberapa siswa MAN 2 Pamekasan yang berprestasi dan sudah memiliki beberapa piala
atau piagam penghargaan. Adapun faktor penghambatnya tidak ada, karena kegiatan pemasaran
pendidikan berjalan lancar dan faktor pendukungnya jelas.
Tidak tersedia versi lain