Text
Peran Pustakawan Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Dan Menulis Santri Di Pondok Pesantren Miftahul Amin Panaan Palengaan Pamekasan
Kata Kunci: Peran Pustakawan, Meningkatkan Literasi Membaca dan
Menulis
Peran pustakawan dalam meningkatkan literasi membaca dan
menulis diPondok Pesantren Miftahul Amin Panaan Palengaan Pamekasan
diterapkan dengan baik, yang mana pustakawan memfasilitasi kebutuhan
santri/siswa dengan menyediakan berbagai referensi. Para pustakawan
mempunyai peran dan tanggung jawab masing-masing sesuai dengan
struktur perpustakaan, salah satunya pustakawan melayani sirkulasi di
dalam perpustakaan. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan
yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini: Pertama bagaimana peran
pustakawan dalam meningkatkan kemampuan literasi membaca dan
menulis santri di pondok pesantren miftahul amin panaan palengaan
pamekasan, kedua apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat peran
pustakawan dalam meningkatkan kemampuan literasi membaca dan
menulis santri di pondok pesantren miftahul amin panaan palengaan
pamekasan dan ketiga bagaimana relasi peranan pustakawan terhadap
keberhasilan peningkatan kemampuan literasi membaca dan menulis santri
di pondok pesantren miftahul amin panaan palengaan pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
deskriptif. sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru dan santri.
Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan
pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, peran
pustakawan dalam meningkatkan kemampuan literasi membaca dan
menulis di Pondok Pesantren Miftahul Amin Panaan Palengaan Pamekasan
berjalan dengan baik, yaitu para pustakawan memberikan pelayanan dan
membantu pemustaka dalam menemukan sumber informasi dengan lebih
mudah. Kedua, faktor pendukung dan faktor penghambat peran pustakawan
dalam meningkatkan kemampuan literasi membaca dan menulis adalah
fasilitas yang memadai, motivasi diri para santri dan juga pelayanan yang
diberikan pustakawan kepada pemustaka. Ketiga, relasi peranan
pustakawan terhadap keberhasilan peningkatan kemampuan literasi
membaca dan menulis santri beberapa tahun belakangan ini sedikit banyak
telah membuahkan hasil yaitu banyak santri yang telah mengalami
perubahan, perubahan ini salah satunya santri berhasil meraih juara lomba
puisi dengan sering membaca, serta berkurangnya santri yang malas
membaca dan menulis.
Tidak tersedia versi lain