Text
Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa Yasmin Kabupaten Sumenep
Kata Kunci Manajemen Kurikulum
Berdasarkan hal tersebut maka ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian pokok dalam
penelitian ini yaitu pertama bagaimana pengelolaan kurikulum anak berkebutuhan khusus di
sekolah luar biasa Yasmin Kabupaten Sumenep, kedua bagaimana kendala dan solusi dalam
pengelolaan kurikulum anak berkebutuhan khusus di sekolah luar biasa Yasmin Kabupaten
Sumenep. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kurikulum pendidikan
anak berkebutuhan khusus (ABK) beserta kendala dan solusi yang ada di SLB.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data
diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi, subyek penelitian meliputi kepala
sekolah, guru, dan siswa sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data,
serta kesimpulan. Dalam pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan
keikutsertaan ketekunan pengamatan dan trianggulasi.
Penelitian menunjukkan manajemen kurikulum pendidikan ABK terdiri dari perencanaan,
pelaksanaan, evaluasi, dan pengembangan. Pada perencanaan SLB Yasmin Sumenep melakukan
beberapa proses, yakni identifikasi yang dilakukan oleh pihak medis, asesmen dengan
mendatangkan ahli psikolog, membentuk tim pengembangan kurikulum, dan mempersiapkan
perangkat pembelajaran. Sedangkan strategi untuk pengembangan perencanaan kurikulum yakni
dengan pembelajaran yang mendalam, serta akses dan diversifikasi. Pada evaluasi melakukan
peninjauan, pengembangan dan perbaikan kurikulum. Manajemen kurikulum pendidikan ABK di
SLB Yasmin Sumenep ini tidak lepas dari kendala dan solusi yang dilakukan oleh pihak sekolah.
Kata kunci : manajemen anak berkebutuhan khusus
Tidak tersedia versi lain