Text
trategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di SMP Islam Mambaul Ulum Batu Ampar Sumenep
Kata Kunci : Strategi, Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik Guru.
Penelitian ini fokus terhadap tiga permasalahan, yaitu: pertama bagaimana
strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SMP
Islam Mambaul Ulum Batu Ampar Sumenep, kedua apa kendala yang dihadapi
Kepala Sekolah SMP Islam Mambaul Ulum Batu Ampar Sumenep dalam
penerapan strategi untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan beberapa guru SMP
Islam Mambaul Ulum Batu Ampar Sumenep. Data tersebut diperoleh melalui
wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara
mengumpulkan seluruh data kemudian menganalisis data, menyajikan data dan
menarik kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan
teknik triangulasi sumber dan metode.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, ada beberapa strategi
yang disusun oleh kepala sekolah SMP Islam Mambaul Ulum Batu Ampar
Sumenep sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru
diantaranya: strategi berupa pemenuhan penunjang bahan ajar seperti subsidi buku
dari pemerintah, penunjangan fasilitas pengelolaan kelas dari segi IT, peraturan
yang mengharuskan guru untuk belajar IT, strategi berupa pemenuhan fasilitas
yang mendukung guru untuk berinovasi dalam menggunakan media pembelajaran,
seperti dengan adanya proyektor, komputer, hingga Wifi, strategi berupa
pemenuhan fasilitas yang mendukung guru untuk dapat merealisasikan interaksi
pembelajaran yang diharapkan, strategi berupa peraturan yang mewajibkan guru
berinovasi untuk melakukan penilaian dan evaluasi dengan menggunakan Google
Formulir pada saat ulangan harian, PTS, hingga PAS, dan strategi berupa
mengadakan rapat internal bersama guru, strategi berupa panduan administrasi
pada saat rapat, strategi-strategi tersebut dapat diklasifikasikan kedalam jenis
strategi hirarkis, transformasional dan fasilitatif. Kedua, Kepala Sekolah SMP
Islam Mambaul Ulum Batu Ampar Sumenep mengalami hambatan dalam
menerapkan strateginya berupa kurangnya kekompakan dari dewan guru dan
fasilitas yang masih sederhana atau belum maksimal untuk menerapkan strategistrategi yang telah disusun sebelumnya.
Tidak tersedia versi lain