Text
Implementasi Kurikulum Non Akademik Dalam Mewujudkan Prestasi Siswa Di MTs Negeri 1 Pamekasan,
Kata Kunci: Implementasi Kurikulum, Non Akademik, Prestasi
Implementasi kurikulum sangat penting dalam pendidikan, terutama dalam
mewujudkan prestasi siswa. Tanpa kurikulum, pendidikan tidak akan berjalan
sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai. Kurikulum terbagi menjadi kurikulum
di bidang Akademik atau Intrakurikuler dan bidang Non Akademik atau
Ekstrakurikuler. Sehingga dalam hal ini, implementasi kurikulum harus
dilaksanakan dengan baik guna mencapai tingkat keberhasilan suatu pendidikan.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok
dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana implementasi kurikulum Non Akademik
Dalam Mewujudkan Prestasi Siswa di MTs Negeri 1 Pamekasan. 2) Faktor apa
saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam implementasi kurikulum
Non Akademik Dalam Mewujudkan Prestasi Siswa di MTs Negeri 1 Pamekasan.
3) Bagaimana gambaran keberhasilan implementasi kurikulum Non Akademik
Dalam Mewujudkan Prestasi Siswa di MTs Negeri 1 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Informannya adalah Kepala MTs Negeri 1 Pamekasan, Waka Kurikulum, guru
dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui
perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) MTs Negeri 1 Pamekasan telah
menerapkan kurikulum merdeka belajar untuk tahun ajaran baru sebagai bentuk
dalam mengikuti perkembangan dunia pendidikan. 2) melakukan pembiasaan
kepada siswa untuk berperilaku disiplin dan tepat waktu dengan membudayakan
salam, serta melakukan rutinitas pembacaan ayat suci Al-Quran bersama sebelum
jam pelajaran dimulai. 3) mengevaluasi kurikulum di setiap tahunnya untuk
menindaklanjuti segala bentuk kekurangan untuk lebih disempurnakan di tahun
ajaran berikutnya. 4) melatih SDM atau guru pengajar sebagai pembina yang
kompeten dan ahli dalam profesinya di bidang Non Akademik. 5)
mengelompokkan minat dan bakat siswa serta memberikan bimbingan dan
pembinaan kepada siswa di bidang Non Akademik agar dapat mengembangkan
potensinya dengan lebih baik.
Tidak tersedia versi lain