Text
Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Sma Al-Falah Kadur
Kata Kunci : Implementasi Kurikulum Merdeka, Motivasi Belajar Siswa
Kurikulum merupakan suatu alat bagi sekolah dalam rangka mencapai tujuantujuan Pendidikan yang diinginkan oleh sekolah mengenai bahan pembelajaran yang
dapat dipedomani dalam aktivitas belajar mengajar. Pelaksanaan kurikulum merdeka
belajar dilaksanakan melalui pembelajaran intrakurikuler yang beragam. Di mana
konten pembelajaran akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu
untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga pembahasan yang menjadi fokus dalam
penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana perencanaan implementasi kurikulum
merdeka belajar dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA Al-Falah Kadur;
kedua, bagaimana pelaksanaan kurikulum merdeka belajar dalam meningkatkan
motivasi belajar siswa di SMA Al-Falah Kadur; ketiga, bagaimana evaluasi
pelaksanaan kurikulum merdeka belajar dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di
SMA Al-Falah Kadur.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya
adalah kepala sekolah, WAKA kurikulum, dan guru. Sedangkan pengecekan
keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, penggunaan bahan
referensi, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Perencanaan kurikulum
merdeka belajar di SMA Al-Falah Kadur melakukan rapat sebelum memasuki tahun
ajaran baru, yang dihadiri oleh semua elemen sekolah. Dalam rapat menghasilkan
penyusunan perangkat pembelajaran mulai dari CP, TP, ATP, dan modul ajar. Kedua,
Pelaksanaan kurikulum merdeka belajar yakni mengacu pada perangkat ajar yang
sudah dibuat oleh masing-masing guru, selanjutnya untuk Poyek penguatan profil
Pelajar Pancasila dibentuk tim fasilitator dan pendamping, kemudian pelaksanaan P5
dilakukan pada akhir semester. Ketiga, Evaluasi pelaksanaan kurikulum merdeka
belajar di SMA Al-Falah Kadur dilakukan rapat pada akhir semester dengan seluruh
elemen sekolah. Adanya evaluasi kurikulum disini guna untuk melihat apakah tujuan
yang telah ditetapkan sudah tercapai atau tidak, kemudian memperbaiki hambatan yang
nantinya akan dijadikan pedoman pelaksanaan kurikulum di tahun pelajaran baru.
Tidak tersedia versi lain