Text
Manajemen Penilaian Daring Berbasis Aplikasi di SMAN 3 Sampang
Kata Kunci : Manajemen, Penilaian Daring Berbasis Aplikasi
Penilaian pembelajaran daring dengan memanfaatkan berbagai aplikasi
yang ada harus terus diimplementasikan agar dapat menyesuaikan dengan
perkembangan teknologi dan memudahkan pelaksanaan dalam berbagai hal. Hal
ini tentu memerlukan pengelolaan yang baik dari kepala sekolah di lembaga
pendidikan mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yakni: 1) bagaimana perencanaan penilaian daring
berbasis aplikasi di SMAN 3 Sampang. 2) bagaimana pelaksanaan penilaian
daring berbasis aplikasi di SMAN 3 Sampang. 3) bagaimana hasil penilaian
daring berbasis aplikasi di SMAN 3 Sampang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Prosedur penelitian yaitu melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber
datanya adalah kepala SMAN 3 Sampang, Waka Kurikulum dan guru . Sedangkan
pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan,
meningkatkan ketekunan, dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) perencanaan penilaian daring
berbasis aplikasi dimulai dengan menyiapkan server dan alat penilaian seperti hp
android, dalam merencanakan penilaian yang ikut berpatisipasi yaitu kepala
sekolah, waka kurikulum, asisten waka kurikulum, guru dan operator sekolah. 2)
pelaksanaan penilaian daring berbasis aplikasi di SMAN 3 Sampang sudah cukup
baik, dimana alur pelaksanaannya yaitu guru dan operator sekolah menyiapkan
dan memastikan server tersedia dengan baik. Kemudian mengentri soal dan
poinnya, data siswa. Lalu pelaksanaan penilaian. Terakhir guru mendownload
nilai. 3) Hasil penilaian daring berbasis aplikasi di SMAN 3 Sampang sudah
cukup baik. Lalu tindak lanjut hasil penilaian yakni dijadikan sebagai tambahan
nilai atau pendukung dari nilai lainnya.
Tidak tersedia versi lain