Text
Penerapan e-SKP Bagi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMAN 5 Pamekasan
Kata Kunci: e-SKP, e-SKP bagi Kepala Sekolah, Kinerja Guru
Elektronik Sasaran Kinerja Pegawai (e-SKP) merupakan aplikasi pembaharuan
penilaian Guru yang sebelumnya menggunakan SKP. Dalam aplikasi e-SKP berisi
tentang pencapaian dan rancangan yang telah direncanakan dan dilaksanakan oleh
Guru dalam jangka waktu yang telah ditentukan. E-SKP bagi Kepala Sekolah
berfungsi sebagai alat bantu dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang
pemimpin yaitu memudahkan Kepala Sekolah dalam melakukan pengawasan dan
penilaian kinerja dari Guru-Guru. Kinerja Guru merupakan sebuah hasil kerja yang
sudah ditargetkan untuk dicapai Kinerja Guru berkaitan dengan kualitas, kuantitas
dan juga kemampuan yang dimiliki oleh Guru dalam menjalankan tugasnya. Guru
yang memiliki kinerja baik berpotensi untuk meningkatkan kualitas pendidikan
yang ada disuatu lembaga.
Berdasarkan pemaparan diatas, maka fokus penelitian ini adalah pertama,
Bagaimana penerapan e-SKP Bagi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja
Guru di SMAN 5 Pamekasan. Kedua, Apa kelebihan dari penerapan e-SKP Bagi
Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMAN 5 Pamekasan.
Ketiga, Apa kekurangan dari penerapan e-SKP Bagi Kepala Sekolah Dalam
Meningkatkan Kinerja Guru di SMAN 5 Pamekasan dan bagaimana solusinya.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, data dalam
penelitian ini didapatkan dari hasil proses wawancara, observasi dan dokumentasi.
Untuk informannya yaitu Kepala Sekolah SMAN 5 Pamekasan, Guru SMAN 5
Pamekasan dan Tenaga Pendidik SMAN 5 Pamekasan. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa pertama, Penerapan e-SKP dimulai dari tahun 2019 serentak
se jawa timur, dengan adanya e-SKP semua kegiata program kerja mulai dari pra
hingga pasca pelaksanaa terpotret secara otomatis sehingga bisa di pantau kapan
saja. Kedua, Kelebihan penerapan e-SKP yaitu: (a) Memudahkan penyusunan
SKP secara terintegrasi dari eselon tertinggi hingga staff. (b) Memudahkan Kepala
Sekolah dalam mengontrol kinerja Guru. Ketiga, Kekurangan dari penerapan eSKP ini adalah Guru yang memasuki usia rentan kesulitan untuk mengoperasikan
e-SKP adapun solusinya yaitu menugaskan guru yang paham pengoperasian eSKP untuk membantu dan memberi pembelajaran secara khusus.
Tidak tersedia versi lain