Text
mplementasi Heutagogy Learning 4.0 Dalam Menciptakan Keefektifan Belajar Siswa Di MA Hidayatut Thalibin Sumenep
Kata Kunci: Implementasi, Heutagogy Learning, Keefektifan Belajar
Pengembangan kurikulum adalah proses perencanaan dan penyusunan
kurikulum yang dilakukan sebagai bahan ajar yang digunakan untuk mencapai
tujuan pendidikan yang diharapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk
mengetahui Implementasi Heutagogy Learning 4.0 di MA Hidayatut Thalibin
Sumenep, 2) untuk mengetahui bagaimana menciptakan keefektifan belajar siswa
di MA Hidayatut Thalibin Sumenep melalui Implementasi Heutagogy Learning
4.0, dan 3) untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam
menciptakan keefektifan belajar siswa di MA Hidayatut Thalibin Sumenep
melalui implementasi heutagogy learning 4.0.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif, dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi
dalam pengumpulan data, dikarenakan permasalahan penelitian ini bersifat
holistik (utuh), kompleks, dinamis, serta penuh makna. Peneliti bermaksud
memahami situasi sosial secara mendalam, menemukan pola dan teori. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan.
Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa MA Hidayatut Thalibin
Sumenep selalu menerapkan pengembangan kurikulum tiap tahunnya di awal
tahun bulan juli, dan biasanya di akhir semester diadakan rapat evaluasi terhadap
pengembangan kurikulum yang diterapkan. Kurikulum yang digunakan di
madrasah MA Hidayatut Thalibin saat ini adalah kurikulum 2013. Dalam
kurikulum yang dipakai tersebut tercantum implementasi heutagogy learning 4.0,
meskipun hal tersebut sudah ada kewajiban dari kemenag akan tetapi lembaga
masih belum menerapkan, berhubung pelaksanaannya agak sulit karna harus
memberi kebebasan penuh pada siswa untuk memilih materi yang akan dipelajari.
Jadi, dalam pelaksanaannya heutagogy learning 4.0 ini hanya fokus pada satu
mata pelajaran saja sesuai dengan apa yang ingin dipelajari siswa. Pada
kenyataannya heutagogy learning ini sangat efektif jika diterapkan dalam
pembelajaran, karna memang siswa itu belajar sesuai dengan minat dan bakatnya
masing-masing. Hanya saja heutagogy ini tidak masuk di kegiatan formal (pagi),
cuma masuk di kegiatan tambahan yang biasanya kegiatan tersebut dilaksanakan
di sore hari. Dalam hal ini ada faktor-faktor yang mendukung dan juga yang
mempengaruhi implementasi heutagogy learning 4.0 dalam menciptakan
keefektifan belajar. Faktor pendukung antara lain adanya sarana dan prasarana
yang memadai, media-media yang dibutuhkan terpenuhi, lingkungan sekolah,
serta adanya minat dan bakat siswa sendiri. Faktor penghambatnya yaitu
manajemen dan state holder yang ada sangat terbatas.
Tidak tersedia versi lain