Text
Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meninggkatkan Kinerja Guru di SDIT Multazam Pamekasan
Kata Kunci : Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah
Strategi merupakan pola sasaran, maksud atau tujuan kebijakan serta
rencana yang hendak ditempuh oleh lembaga untuk mencapai tujuannya. Pada
dasarnya strategi didalam sebuah lembaga pendidikan merupakan upaya yang
dapat dilakukan sekolah terkait untuk meningkatkan kualitas yang lebih unggul
dibandingkan dengan lembaga lain dengan cara yang lebih efesien, oleh karena itu
dibutuhkan sebuah usaha dan strategi yang jitu untuk meningkatkan kinerja guru.
Untuk mencapai tujuan diatas, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
dengan jenis deskriptif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian, Strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam
meningkatkan kinerja guru di SDIT Multazam Pamekasan dengan cara
peningkatan disiplin, memberikan motivasi, menjadi teladan bagi para guru dan
tenaga kependidikan dan melakukan supervisi. Kendala yang terjadi dalam strategi
kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru di SDIT Multazam
Pamekasan sebagian guru terlambat kesekolah, keluar lebih cepat dari waktu yang
ditentukan dalam mengakhiri proses belajar mengajar sekolah, tidak termotivasi
dalam meningkatkan kinerja, kurang merespon keteladanan pimpinan dan
supervisi di SDIT Multazam Pamekasan dilaksanakan hanya 1 kali setahun, kurang
sarana prasarana sekolah, pengawas binanya kurang berperan dalam pembinaan.
Cara kepala sekolah mengatasi kendala dalam peningkatan kinerja guru di SDIT
Multazam Pamekasan yaitu melakukan peningkatan disiplin, memberikan
motivasi dalam mengembangkan SDM, kepala sekolah melakukan supervisi 1 kali
dalam triwulan dan melakukan koordinasi dengan pihakpihak terkait untuk
melengkapi sarana prasarana belajar.
Tidak tersedia versi lain