Text
rategi Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Prestasi Akademik Peserta Didik Melalui Pembinaan Olimpiade di SMP Negeri 1 Galis
Kata Kunci : Strategi Kepala Sekolah, Prestasi Akademik Peserta Didik, Pembinaan Olimpiade
Setiap lembaga pendidikan tentu mengingkan agar peserta didik memiliki kecerdasan yang
mumpuni. Untuk itu, kepala sekolah sebagai figur terpenting, harus menyiapkan layanan atau
program yang dapat menumbuhkembangkan kemampuan, minat, dan bakat peserta didik
terutama dalam bidang akademik. Salah satu programnya yaitu kegiatan pembinaan olimpiade.
Kegiatan tersebut merupakan usaha yang dilakukan oleh kepala sekolah maupun guru agar
kemampuan peserta didik di bidang akademik semakin meningkat sehingga melalui kegiatan
tersebut diharapkan siswa bisa meraih berbagai prestasi. Agar tujuan tersebut dapat tercapai,
tentu kepala sekolah harus memberlakukan strategi-strategi yang dirasa tepat, karena pada
hakikatnya strategi merupakan upaya atau usaha-usaha yang dilakukan agar tujuan atau target
yang diinginkan dapat tercapai.
Berdasarkan hal tersebut, maka terdapat 3 permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam
penelitian ini, yaitu : pertama, bagaimana strategi kepala sekolah dalam mengembangkan
prestasi akademik peserta didik melalui pembinaan olimpiade di SMP Negeri 1 Galis; kedua,
bagaimana pelaksanaan strategi kepala sekolah dalam mengembangkan prestasi akademik
peserta didik melalui pembinaan olimpiade di SMP Negeri 1 Galis; ketiga, bagaimana
pengawasan pelaksanaan strategi kepala sekolah dalam mengembangkan prestasi akademik
peserta didik melalui pembinaan olimpiade di SMP Negeri 1 Galis. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data diperleh dari
wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber datanya terdiri dari kepala sekolah, wakil
kepala sekolah sekaligus guru pembina olimpiade IPS, waka kurikulum sekaligus guru pembina
olimpiade matematika, waka kesiswaan, waka sarana dan prasarana, waka hubungan masyarakat,
guru pembina olimpiade IPA, serta siswa yang berprestasi di SMP Negeri 1 Galis
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, strategi kepala sekolah dalam
mengembangkan prestasi akademik peserta didik melalui pembinaan olimpiade di SMP Negeri 1
Galis yaitu dengan memilih guru yang profesional, memaksimalkan kegiatan pembinaan
olimpiade secara rutin dan terjadwal, mendatangkan guru pembina dari luar untuk mapel IPA,
memberikan motivasi, pemberian reward, pemajangan spanduk dan melakukan kerjasama
dengan orang tua siswa; kedua, pelaksanaan strategi kepala sekolah dalam mengembangkan
prestasi akademik berjalan dengan baik dan sesuai jadwal; ketiga, pengawasan pelaksanaan
strategi kepala sekolah dalam mengembangkan prestasi akademik peserta didik, kepala sekolah
melakukan pengawasan dengan teknik kunjungan kelas terhadap kinerja guru dan perkembangan
belajar peserta didik.
Tidak tersedia versi lain