Text
Pemeliharaan Sarana Belajar di SDN Candi Burung 2 Pamekasan
Kata Kunci : Pemeliharaan, Sarana, Belajar.
Pemeliharaan sarana belajar merupakan kegiatan yang dilakukan dalam rangka proses
pembelajaran dengan menggunakan media belajar untuk menunjang proses belajar, sehingga
pembelajaran mampu berjalan dengan baik. Di SDN Candi Burung 2 Pamekasan pemeliharaan
Sarana Belajar harus dilakukan untuk memudahkan siswa dalam belajar, juga agar sarana bisa
terawat dan digunakan sebagaimana yang di perlukan dalam proses pembelajaran. Permasalahan
yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu pertama bagaimana proses pemeliharaan
sarana belajar di SDN Candi Burung 2 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif dan teknik
pengumpulan data diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data
dikelompokkan menjadi empat yaitu kepala sekolah, guru, siswa dan operator Sekolah juga
berperan dalam sarana prasarana di SDN Candi Burung 2 Pamekasan. Sedangkan analisis data
sebelum dan sesudah di lapangan dengan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan
perpanjangan dan ketekunan pengamatan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
proses pemeliharaan sarana belajar dilakukan oleh guru dan siswa dalam perawatan sarana yang
ada didalam kelas. faktor pendukung pemeliharaan sarana belajar yaitu pelaksanaan sarana
didalam proses pembelajaran dan faktor penghambat pemeliharaan sarana belajar yaitu guru
kurang paham menyambungkan laptop ke proyektornya.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pemeliharaan sarana belajar yaitu
harus direncanakan terlebih dahulu dan dilaksanakan dengan perawatan terhadap peralatan yang
ada di dalam Kelas, dengan upaya dilakukan untuk membantu siswa dan guru dalam
mempermudah proses pembelajaran dengan menggunakan sarana yang sudah disediakan.
Adapun faktor pendukung dari pemeliharaan sarana belajar yang sudah menunjang yaitu dengan
adanya peralatan yang berbasis ( IT ) seperti proyektor, kit kerangka, gelobe, buku, mik sound
system dan gambar atlas. Adapun faktor penghambat dari pemeliharaan sarana belajar yaitu
dari tempat penyimpanan peralatan masih tidak mempunyai tempat yang khsusus dan guru masih
ada kendala saat menggunakan media yang berbasis(IT)
Tidak tersedia versi lain