Text
Pengelolaan Organisasi Intra Madrasah (OSIM) Dalam Mewujudkan Prestasi Akademik Peserta Didik Di MTsN 1 Pamekasan
Kata Kunci : Pengelolaan, Prestasi, OSIM
Penelitian ini mendeskripsikan OSIM dalam mewujudkan prestasi di bidang
akademik. Dalam mewujudkan prestasi tersebut OSIM tentunya memiliki pengelolaan khusus
agar tujuan berjalan sesuai dengan rencana. Pengelolaan organisasi dapat dikatakan baik jika
telah melalui proses perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif
dengan sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan
informan yang terdiri dari Pembina OSIM MTsN 1 Pamekasan, Ketua OSIM MTsN 1
Pamekasan periode 2023 2024 dan Sekretaris OSIM MTSN 1 Pamekasan periode 2023-2024.
Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan,
ketekunan pengamatan dan triangulasi. Penelitian ini memiliki tiga fokus penelitian yang
berisi Bagaimana proses pengelolaan Oganisasi Intra Madrasah di MTsN 1 Pamekasan dalam
mewujudkan prestasi akademik peserta didik?, Bagaimana hasil dari pengelolaan Oganisasi
Intra Madrasah di MTsN 1 Pamekasan dalam mewujudkan prestasi akademik peserta didik?,
dan Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat terwujudnya prestasi
akademik peserta didik oleh Organisasi Intra Madrasah di MTsN 1 Pamekasan?
Pada fokus pertama mengenai proses pengelolaan OSIM membahas proses
membentuk struktur yang jelas dengan beberapa tahapan sampai struktur tersebut disahkan
oleh kepala sekolah. proses pengelolaan selanjutnya adalah program kerja dari seksi bidang
akademik yang memiliki program kerja cerdas cermat dan pembiasaan rutin berupa rekapan
mata pelajaran. Pada fokus kedua mengenai hasil yang diperoleh dari pengelolaan OSIM
yang diantaranya pembentukan karakter anggota OSIM menjadi lebih baik. Beberapa prestasi
yang didapat anggota OSIM dari berbagai lomba yang diikuti baik tingkat daerah dan
nasional. Dengaan hasil yang didapat berdampak pada nama baik madrasah. Sedangkan fokus
ketiga mengenai faktor pendukung yang berasal dari dalam diri anggota OSIM sendiri dan
faktor luar yang berasal dari suport sistem kedua orang tua, lingkungan OSIM sendiri, dan
kebijakan dari madrasah. adapun faktor penghambat yaitu dari keharmonisan keluarga,
pergaulan teman diluar OSIM serta perpecahan fokus peserta didik antara hobi dan mata
pelajaran
Tidak tersedia versi lain