Text
mplementasi Manajemen Pendidikan Karakter dalam Membina Akhlak Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pamekasan,
Kata Kunci : Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter, Akhlak, Peserta
Didik
Pendidikan menjadi faktor utama yang akan membentuk generasi penerus
bangsa. Oleh karena itu, manajemen menjadi hal yang sangat penting dalam
kegiatan apapun karena tanpa manajemen maka suatu kegiatan tidak akan berjalan
dengan baik. Dalam manajemen terlibat fungsi-fungsi pokok seperti: Perencanaan,
pelaksanaan, dan evaluasi yang dilakukan untuk menentukan sasaran yang akan
dicapai dengan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber
lain. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: Pertama bagaimana perencanaan manajemen
pendidikan karakter dalam membina akhlak peserta didik di Madrasah Aliyah
Negeri 2 Pamekasan, kedua bagaimana pelaksanaan manajemen pendidikan
karakter dalam membina akhlak peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 2
Pamekasan, ketiga bagaimana evaluasi manajemen pendidikan karakter dalam
membina akhlak peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pamekasan.
Untuk mencapai tujuan diatas, penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan perolehan informasinya bersumber
dari kepala sekolah, waka kesiswaan dan guru. Adapun analisis data yang
digunakan adalah analisis data kualitatif yang terdiri dari tiga tahapan yaitu dengan
mereduksi data, kemudian menyajikan data dalam bentuk uraian dan penarikan
kesimpulan secara fleksibel untuk menjawab permasalahan yang diteliti.
Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpajangan
pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, perencanaan manajemen
pendidikan karakter dalam membina akhlak peserta didik di Madrasah Aliyah
Negeri 2 Pamekasan yaitu melakukan rapat bersama dengan tujuan untuk
mengetahui kompetensi dasar siswa, kompetensi tersebut digunakan sebagai alat
ukur untuk dapat menentukan apakah visi, misi, dan tujuan pendidikan yang
berbasis karakter sudah tercapai atau belum. Kedua, pelaksanaan manajemen
pendidikan karakter dalam membina akhlak peserta didik di Madrasah Aliyah
Negeri 2 Pamekasan yaitu untuk melaksanakan program yang sudah dirumuskan
dengan memperhatikan tugas-tugas yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan
yang sudah ditetapkan. Ketiga, evaluasi manajemen pendidikan karakter dalam
membina akhlak peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pamekasan yaitu untuk
mengendalikan proses pendidikan karakter agar setiap capaian dapat diidentifikasi
serta untuk mengukur hasil yang sudah didapatkan.
Tidak tersedia versi lain