Text
Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMP Plus An-Nur Akkor Palengaan Pamekasan
Kata kunci: Strategi Kepala Sekolah, Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa
Dalam dunia pendidikan pasti terdapat manajemen yang mengatur didalamnya
salah satunya adalah kepala sekolah.Peran kepala sekolah sangatlah penting untuk
kemajuan pendidikan di lembaga tersebut,seorang kepala sekolah harus mempunyai
strategi manajemen yang dikelola dengan baik untuk mencapai keserasian yang
dimulai dari input menuju output. Maka, diperlukan adanya suatu proses lewat
manajemen kepemimpinan kemudian berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai
target yang akan dicapai.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama,bagaimana perencanaan kepala sekolah
dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Plus An-Nur. Kedua, bagaimana
pelaksanaan perencanaa kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di
SMP Plus An-Nur. Ketiga, bagaimana pengawasan kepala sekolah dalam
meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Plus An-Nur.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data
yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam
penelitian ini adalah kepala sekolah, tenaga administrasi dan guru di SMP Plus AnNur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, kepala sekolah SMP Plus AnNur dalam meningkatkan prestasibelajar siswa di SMP Plus An-Nur menggunakan
planning, organizing, actuating, controlling (POAC). Kedua, strategi manajemen
kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi belajarsiswa di SMP Plus An-Nur
denganmemantau setiap hari semua kegiatan rutin yang dilakukan di SMP Plus AnNur. Ketiga, faktor pendukungstrategi manajemen kepala sekolah
dalammeningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Plus An-Nuradalah keinginan
dalam diri siswa itu sendiri dan pendorong siswa dalam belajar muncul dari
bimbingan oran tua, sedangkan penghambat strategi manajemen kepala sekolah
dalammeningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Plus An-Nur Palengaan
Pamekasan. Adapun faktor penghambat secara umum adalah terbatasnya sarana
danprasarana yang dapat menunjang proses kegiatan belajar mengajar hal ini
bisaberupa ruangan yang kumuh, pentilasi yang tidak memadai, buku bacaan
yangtidak lengkap dan laboratorium yang sudah rusak.
Dalam melakukan strategi manajemen kepala sekolah SMP Plus An-Nur
melakukan beberapa fungsi yaitu planning, organizing, actuating dan controlling
factor penghmabar lainnya faktor penghambatlainnya adalah kurangnya perhatian
orang tua siswa dalam memberikanpendidikan kepada anaknya sehingga tugas-tugas
yang diberikan oleh pihaksekolah (PR) tidak terlaksana dengan baik, yang mana
smestinya antara pihaksekolah dan orang tua siswa harus bekerja sama dalam
meningkatkan prestasibelajar siswa.
Tidak tersedia versi lain