Text
Pemanfaatan Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di MA Al-Falah Sumber Gayam Kadur Pamekasan
Kata kunci: Pemanfaatan, Sarana Prasarana, Kinerja Guru
Pemanfaatan sarana dan prasarana dalam lembaga pendidikan menjadi acuan dalam
pemanfaatan segala sesuatu yang ada di lingkungan madrasah baik dalam segi sarana bangunan
maupun prasarana yang lainnya, karena sarana dan prasana menjadi kebutuhan dasar yang
sudah pasti sangat dibutuhkan dan akan sangat bermanfaat pendayagunaannya. Selain
memaksimalkan guru dalam mengajar, sarana dan prasarana juga menjadi penunjang bagi
peserta didik, sarana dan prasarana juga menjadi salah satu faktor yang menunjang dalam
proses pembelajaran.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data yang
diperoleh ialah dari kepala sekolah MA Al-Falah dan para guru yang bertugas mengajar di
dalam kelas serta guru olahraga. Penggunaan penelitian dengan metode kualitatif dan jenis
deskriptif adalah untuk mencocokkan antara realita yang ada di lapangan dengan teori yang
berlaku. Prosedur pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi
dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data, penelitian ini menggunakan perpanjangan
pengamatan, ketekunana pengamatan, triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bawasanya Berdasarkan data yang diperoleh dari
wawancara, dokumentasi dan observasi, maka yang dapat diperpoleh hasil temuan sebagai
berikut:
Pemanfaatan Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di MA Al-Falah
Sumber Gayam Kadur Pamekasan bahwasanya.
Memanfaatkan dengan benar dan bijak sarana dan prasarana yang sudah di sediakan oleh pihak
sekolah. Dengan adanya sarana dan prasarana yang sesuai dnegan kebutuhan guru maka tida
ada lagi perkerjaan guru yang terbengkalai. Bahkan perkejaan guru dapat dengan muda dan
praktis di selesaikan seperti pembeuatan RPP. Silabus. Prota Dan Promes juga Pembuatan
Raport Siswa/siswi. Keberadaan sarana dan prasarana di MA Al-Falah bukan hanya mengalami
peningkatan dalam kinerja guru saat mengerjakan perangkat belajar saja. Akan tetapi juga
mengalami peningkatan saat mengajar di dalam kelas dengan memanfatakan proyektor dan
laptop sebagai alat banttu saat menjelaskan pembelajaran. Menjaga dan merawat sarana dan
prasarana secara rutin agar tetep terjaga dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang
panjang. Melakukan pengecekan teradap elektronik sebelum digunakan oleh guru dna
siswa/siswi. Menservis sarana elektronik yang dirasa sudah kurang nyama digunakan dan
mengganti sarana atau prasarana yang sudah layak diganti.adapun yang menjadi Faktor-faktor
Pemanfaatan Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatan Kinerja Guru Di MA Al-Falah Kadur
Pamekasan. Faktor kebutuhan guru dan siswa/siswi. Diantaranya: Faktor kesadaran akan
pentingnya IPTEK. Faktor kepemilikan sarana dna prasarana yang dimiliki oleh Sekolah MA
Al-Falah.
Tidak tersedia versi lain