Text
Implementasi Manajemen Perubahan dalam Mewujudkan Madrasah Unggul di MTsN 2 Pamekasan
Kata kunci: manajemen perubahan, madrasah unggul
Manajemen perubahan adalah proses secara sistematis dalam menerapkan
pengetahuan, sarana dan sumberdaya yang diperlukan untuk memengaruhi
perubahan pada orang yang akan terkena dampak dari proses tersebut. Seperti
manajemen yang dilakukan di sebuah lembaga pendidikan. Adanya perubahan yang
dilakukan bertujuan untuk memajukan lembaga pendidikan agar mampu bersaing
dengan lembaga-lembaga yang lain dan tentunya untuk bisa dikatakan sebagai
madarsah yang unggul. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang
menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana
implementasi manajemen perubahan dalam mewujudkan madrasah nggul di MTsN
2 Pamekasan. Kedua, bagaimana dampak implementasi manajemen perubahan
dalam mewujudkan madrasah unggul di MTsN 2 Pamekasan. Ketiga, apa saja
faktor pendukung dan penghambat implementasi manajemen perubahan dalam
mewujudkan madrasah unggul Di MTsN 2 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskripstif.
Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Jenis
wawancara yang digunakan adalah wawancara semi terstruktur, sedangkan jenis
observasi yang digunakan adalah observasi non-partisipan. Informannya adalah
kepala sekolah, waka kurikulum, guru dan siswa MTsN 2 Pamekasan. Kemudian
pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan,
meningkatkan ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, melakukan perencanaan
yang berpedoman pada kurikulum. metode berbasis proyek dengan menggunakan
teknologi pada pembelajaran Kedua, Dampaknya pada lembaga itu sendiri. adanya
manajemen perubahan bisa memajukan serta mampu bersaing dengan lembagalembaga lain. Dampak dalam pelaksanaan manajemen perubahan ini madrasah
tersebut bisa dikatakan madrasah unggul. Ketiga, faktor pendukung dari adanya
manajemen perubahan yang dilaksanakan di MTsN 2 Pamekasan ialah kepala
sekolah yang antusias serta memiliki semangat yang tinggi dalam melakukan
perubahan-perubahan. Dalam hal ini didukung oleh adanya MGMP. Sedangkan
faktor penghambatnya yaitu kurangnya minset yang dimiliki sehingga kebiasaan
lama yang sulit untuk dirubah
Tidak tersedia versi lain