Text
Penerapan Meode Iqra’ Dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di RA Miftahul Qulub Desa Polagan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci : Metode Iqra’, Huruf Hijaiyah, Anak Usia Dini
Ada dua permasalahan dalam penelitian ini yang pertama, bagaimana
Penerapan Meode Iqra’ Dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia 4-
5 Tahun Di RA Miftahul Qulub Desa Polagan Kecamatan Galis Kabupaten
Pamekasan kedua, apa saja Faktor pendukung dan penghambat Penerapan
Metode Iqra’ Dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia 4-5 Tahun
Di RA Miftahul Qulub Desa Polagan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian
yang digunakan adalah deskriptif. sedangkan dalam pengumpulan data peneliti
menggunakan tiga metode penelitian yaitu metode wawancara, observasi dan
dokumentasi.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penerapan Metode Iqra’ Dalam
Mengenalkan Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di RA Miftahul Qulub
Desa Polagan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan dapat disimpulkan bahwa :
pertama Bagaimana Penerapan Meode Iqra’ Dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyah
Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di RA Miftahul Qulub Desa Polagan Kecamatan Galis
Kabupaten Pamekasan dengan cara: (1) guru mengenalkan beberapa huruf
hijaiyah pada anak kemudian guru mencontohkan pada anak penulisan huruf
hijaiyah dipapan tulis, (2) setelah itu anak menulis huruf hiajiyah dibuku tulis
yang telah disediakan guru. (3) Serta guru memberikan pembiasaan memberikan
lagu bertemakan huruf hijaiyah guna memaksimalkan daya ingat anak dalam
mengenal huruf hijaiyah, (4) anak satu persatu mengaji dengan membaca suratsurat pendek dan membaca do’a setelah belajar. Kedua, apa saja faktor
penghambat dan pendukung penerapan metode iqra’ dalam mengenalkan huruf
hijaiyah pada anak usia 4-5 tahun di RA Miftahul Qulub Desa Polagan Kecamatan
Galis Kabupaten Pamekasan yaitu faktor pendukungnya: (1) adanya alat peraga
atau poster yang mempermudah proses pembelajarannya, (2) metode iqra’ ini
sangat mudah untuk dipahami anak maupun guru. (3) adanya dukungan dari
orangtua yang mendukung semua kegiatan disekolah, (4) antusias anak dalam
pembelajaran, Sedangkan faktor penghambatnya: (1)kurangnya konsentrasi anak
dalam pembelajaran berlangsung, (2) kurangnya perhatian orangtua dalam
meriview ulang pelajaran, (3) tidak ada kemauan anak untuk belajar, (4) suasana
kelas yang kurang kondusif
Tidak tersedia versi lain