Text
Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Media Flash Card Pada Anak Usia Dini Di RA Nurussalam Desa Waru Barat Waru Pamekasan
Kata Kunci: Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris, Anak Usia Dini.
Penelitian ini dilatar belakangi pembahasan tentang penguasaan kosakata bahasa inggris
melalui media flash card pada anak usia dini di RA Nurus Salam. Penguasaan kosakata bahasa
inggris sangatlah penting bagi anak sebagai dasar dalam pembelajaran bahasa inggris. Dalam
pembelajaran kosakata bahasa inggris dengan menggunakan media flash card bertujuan untuk
mempermudah anak dalam memahami kosakata bahasa inggris. Dalam pembelajaran penguasaan
kosakata bahasa inggris peran orang tua juga dibutuhkan sebagai penunjang keberhasilan anak.
Fokus penelitian pada penelitian ini ada dua yaitu yang 1. (bagaimana penggunaan media
flash card dalam pembelajaran penguasaan kosakata bahasa inggris di RA Nurus Salam Waru
Barat, Kecamatan Waru, Kabupaten Pamekasan). 2. (apa saja faktor pendukung dan penghambat
dalam pembelajaran penguasaan kosakata bahasa inggris di RA Nurus Salam Waru Barat,
Kecamatan Waru, Kabupaten Pamekasan).
Pada Penelitian ini menggunakan metode kulitatif deskripstif, dimana sumber yang
diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Dalam penelitian ini yang menjadi
informan yaitu kepala sekolah dan guru kelas RA Nurus Salam. Dalam mengecek keabsahan
data yaitu melalui pengamatan yang dilakukan secara terus menerus serta memperpanjang masa
observasi yang dilakukan oleh peneliti.
Dari hasil penelitian yang telah peneliti lakukan di RA Nurus Salam yaitu proses
pembelajaran penguasaan kosakata bahasa ingris melalui media flash card bertujuan untuk 1.
mempermudah siswa untuk memamahami kosakata bahasa inggris. dan juga untuk mengetahui
bagaimana proses pembelajaran penguasaan kosakata bahasa inggris serta untuk 2. mengetahui
apa saja faktor pendukung dan penghambat proses pembelajaran kosakata bahasa inggris. Dalam
proses pembelajaran guru menyiapakan kartu flash card terlebih dahulu sebelum ditunjukkan
kepada siswa dan menjelaskan kepada siswa kemudian guru menyuruh siswa untuk mengamati
gambar kemudian dilanjutkan kepada siswa yang lainnya. Dalam hal ini guru juga menyelingi
dengan lagu-lagu bahasa inggris dengan tujuan siswa agar lebih semangat lagi dan tentunya tidak
merasa bosan pada saat belajar. Untuk faktor pendukung itu sendiri berasal dari adanya peran
orang tua dalam membantu siswa menguasai kosakata bahasa inggris. Dari hasil observasi yang
dilakukan peneliti yaitu sangat antusias dalam mengikuti proses pembelajaran penguasaan
kosakata bahasa inggris dengan menggunakan media flash card.
Tidak tersedia versi lain