Text
Implementasi Alat Permainan Edukatif Balok Cruissenaire Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bilangan Pada Anak Kelompok A di RA Al-Khadijah Galis Pamekasan
Kata Kunci:Alat Permainan Eukatif Balok Cruissenaire, Mengenal Bilangan.
Konteks penelitian ini berdasarkan observasi awal yang dilakukan, diketahui kemampuan
anak di kelompok A RA Al-Khadijah Galis dalam mengenal bilangan bisa dikatakan cukup
baik yang mana dalam proses pembelajarannya menggunakan media pembelajaran alat
permainan edukatif balok cruissenaire. Dari uraian tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti
tentang Implementasi Alat Permainan Edukatif Balok Cruissenaire Untuk Meningkatkan
Kemampuan Anak Dalam Mengenal Bilangan di Kelompok A RA Al-Khadijah Galis
Pamekasan.
Tujuan dari penelitian ini yakni: 1. Untuk mendeskripsikan kemampuan anak dalam
mengenal bilangan di kelompok A RA Al-Khadijah Galis. 2. Untuk mendeskripsikan
implementasi alat permainan edukatif balok cruissenaire di kelas A RA Al-Khadijah Galis. 3.
Untuk mendeskripsikan faktor-faktor pendukung dalam implementasi alat permainan edukatif
balok cruissenaire di kelas A RA Al-Khadijah Galis.
Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif,
sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelas. Prosedur pengumpulan data
yang digunakan yakni dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis
data melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya kemampuan anak dalam mengenal bilangan
di kelompok A RA Al-Khadijah Galis bisa dikatakan sangat baik, hal ini dapat diketahui pada
saat proses belajar-mengajar berlangsung dengan menggunakan alat permainan edukatif balok
cruissenaire dimana anak sudah mampu dalam berhitung dari angka 1 sampai 10, anak dapat
mengenal lambang bilangan dari angka 1 sampai 10, anak dapat menyebutkan angka dan
mencocokkan potongan angka ke dalam balok sesuai dengan bentuk dari potongan angka
yang diambil.
Tidak tersedia versi lain