Text
Efektivitas Permainan Simulasi Untuk Meningkatkan Kesiapan Karir Siswa Di SMPN 7 Pamekasan
Kata Kunci: Permainan Simulasi Untuk Meningkatkan Kesiapan Karir Siswa.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pra penelitian peneliti ketika
melaksanakan wawancara kepada guru BK yang ada di SMPN 7 Pamekasan.
Pada masa remaja yang berusia 17-22 tahun merupakan tahapan remaja yang
mulai berfikir tentang bidang pekerjaan apa yang diinginkan dan sanggup
dijalani untuk kehidupan di masa depannya. Permasalahan karir yang terjadi
pada masa remaja akhir biasanya berkaitan dengan pemilihan jenis pendidikan,
yang mengarah pada pemilihan jenis pekerjaan di masa depan. pengambilan
keputusan tentang karir masa depan, dan informasi dengan kelompok kerja
yang ada dengan persyaratan yang harus dimiliki. Permasalahan ini penting
untuk diperhatikan sehubungan dengan banyaknya kebingungan yang dialami
remaja dalam menentukan arah karirnya. Tujuan yang ingin dicapai dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan permainan simulasi dalam
meningkatkan kesiapan karir siswa di SMPN 7 Pamekasan. Sehingga judul
dalam penelitian ini adalah “ Efektivitas Permainan Simulasi Untuk
Meningkatkan Kesiapan Karir Siswa Di SMPN 7 Pamekasan “ Adapun
rumusan masalah penelitian ini. apakah permainan simulasi efektif dalam
meningkatkan kesiapan karir siswa di SMPN 7 Pamekasan?
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitian
design pre-experimental. Bentuk rancangan pada penelitian ini adalah one
group pre test-post test. Yaitu pengukuran di awal dan diahir. Instrument yang
digunakan dalam penelitian ini berupa skala kesiapan karir yang diberikan
kepada seluruh siswa kelas IX sebanyak 20 siswa. Berdasarkan rekomendasi
dari guru BK disana. Tekhnik analisa data dalam penelitian ini menggunakan
uji paired t test.
Hasil dalam penelitian menunjukkan bahwa 1) permainan simulasi
efektif untuk meningkatkan kesiapan karir. 2) terdapat perbedaan skor yang
signifikasikan pada siswa sebelum dan sesudah diberikan permainan simulasi
untuk meningkatkan kesiapan karir perbedaannya. Dapat dilihat dari nilai
signifikasi ( 2-tailed ) adalah 000 < 0,05 dan ditunjukkan dari hasil t hitung (
-5.350 ) > t tabel (-7.894 ) selain itu, secara skor pretest ( 105.80 ) dan posttest
(111.15 ) -5.350, yang memiliki arti bahwa ada perubahan yang
signifikasikan. Maka dapat disimpulkan bahwa permainan simulasi efektif)
Artinya dalam penelitian ini Ha diterima. Dari uji hasil normalitas
berdasarkan uji Kolmogorov-Smirnov dengan data digabung atau dipisah
diperoleh nilai sig pretes .200 > 0,05 dan post-test .054 >0,05. Artinya hasil
menunjuukan bahwa data berdistribusi normal. Begitupun dengan
menggunakan uji Shapiro-Wilk hasil pre-test .128 > 0,05 dan post-test .191 >
0,05
Tidak tersedia versi lain