Text
Implementasi Permainan Ular Tangga Pada Anak Usia Dini Di RA AsSholihin Dusun Panyepen Desa Panempam Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci: Permainan Ular Tangga. Anak usia dini
Konteks penelitian ini berdasarkan observasi awal yang dilakukan, diketahui kemampuan
anak di kelompok B RA As-Sholihin Panyepen dalam mengenal Ular Tangga bisa dikatakan
cukup baik yang mana dalam proses pembelajarannya menggunakan media pembelajaran alat
permainan ular tangga. Dari uraian tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti tentang Implementasi
permainan ular tangga Untuk Mengembangkan semua aspek perkembangan anak Kelompok B
RA As-Sholihin Panempam Pamekasan.
Tujuan dari penelitian ini yakni: 1. Untuk mendeskripsikan perencanaan implementasi
permainan ular tangga di RA As-Sholihin Dusun panyepen desa panempan kecamatan
pamekasan kabupaten pamekasan 2. Untuk mendeskripsikan penerapan implementasi permainan
ular tangga di RA As-Sholihin Dusun panyepen desa panempan kecamatan pamekasan
kabupaten pamekasan 3. Untuk mendeskripsikan hasil implementasi permainan ular tangga di
RA As-Sholihin Dusun panyepen desa panempan kecamatan pamekasan kabupaten pamekasan
Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif,
sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelas. Prosedur pengumpulan data
yang digunakan yakni dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data
melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya implementasi permainan ular tangga anak usia
dini di kelompok B RA As-Sholihin Panempan bisa dikatakan sangat baik, hal ini dapat
diketahui pada saat proses belajar-mengajar berlangsung dengan menggunakan media permainan
ular tangga.meliputi :1. Perencanaan pembelajaran dimulai dengan membuat RPPH sesuai
dengan tujuan pembelajaran. 2. Penerapan implementasi permainan ular tangga dmulai dengan
konsep mengantri, melempar dadu dll. 3.Mampu mengembangkan semua aspek perkembangan,
meliputi aspek norma agama dan moral, aspek kognitif, aspek fisik motorik, aspek Bahasa, aspek
sosial emosional dan aspek seni sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran harian dan
rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan yang disesuaikan pada permendikbud 137.
Tidak tersedia versi lain