Text
Implementasi Alat Permainan Edukatif Flashcard Hewan untuk Mengembangkan Aspek Perkembangan Fisik Motorik pada Anak Usia Dini di TK Nurul Qur’an Tanah Merah Bangkalan
Kata Kunci: Permainan Edukatif Flashcard, Perkembangan Fisik Motorik Anak
TK IT Nurul Qur’an, menerapkan metode permainan flashcard dalam
permainan tersebut dapat meningkatkan perkembangan fisik motorik anak usia
dini, anak sangat merasa diberi kesempatan untuk beremain dan dari bermain
tersebut bisa menghasilkan perkembangan-perkembangan seperti fisik motoric,
kecerdasan, imajinasi anak dan banyak laiannya
Berdasarkan hal tersebut ada dua pokok tujuan yang ingin di capai dalam
dalam penelitian ini yang pertama yaitu untuk mengetahui implementasi alat
permainan edukatif flashcard hewan untuk mengembangkan aspek
perkembangan fisik motorik pada anak usia dini TK IT Nurul Qur’an Tanah
Merah dan yang kedua mengetahui penghambat dalam mengimplementasikan
alat permainan edukatif flashcard hewan untuk mengembangkan aspek
perkembangan fisik motorik pada anak usia dini TK IT Nurul Qur’an Tanah
merah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Informannya adalah kepala madrasah, guru dan siswa. Sedangkan pengecekan
keabsahan data dilakukan melalui ketekunan pengamat, dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa yang pertama TK Nurul Qur’an
melakukan pembelajaran dengan mengimplementasikan permainan edukatif
menggunakan media flashcard. Dalam proses pembelajaran guru
memperkenalkan media flashcard kepada anak-anak dengan cara menjelaskan
secara bertahap yakni mulai dari media yang akan digunakan (flashcard),
menjelaskan peraturan dalam permainan, sportif dalam bermain yakni ada sanksi
untuk menjawab pertanyaan sederhana dari guru. Penerapan flashcard yang
dilakukan oleh guru TK IT Nurul Qur’an memberikan dampak terhadap
perkembangan motorik anak diantaranya adalah mengasah kemampuan otak,
selain itu belajar untuk mematuhi aturan karena dalam permainan ini dijelaskan
cara memainkan sehingga anak disiplin terkait aturan yang diterapkan, dan yang
pasti menambah pengetahuan terhadap anak karena dalam permainan yang
digunakan terdapat pendidikan dan yang kedua Permainan edukatif media
flashcard memiliki beberapa kekurangan diantaranya adalah kekurangannya
terletak pada kertasnya, gambarnya, dan hanya untuk kelompok kecil, ada kendala
yang dihadapi oleh guru dalam menjelaskan cara dan aturannya dalam memainkan
media flashcard, akan tetapi ada satu hambatan yang dihadapi oleh guru TK
Nurul Qur’an yaitu ketika anak-anak sudah tidak berminat main menggunakan
media flash card dan memilih permainan yang lainnya.
Tidak tersedia versi lain