Text
, Penerapan Media Pembelajaran Loose Parts Untuk Mengembangkan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TKS Aisiyiyah Bustanul Athfal VI
Kata Kunci: Media Pembelajaran Loose Parts, Kognitif, Anak Usia Dini
Perkembangan Kognitif pada anak merupakan salah satu aspek yang selalu menjadi perhatian utama bagi orangtua maupun pendidik. Setiap Pendidik atau lembaga untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak tidak sama dalam pemberian kegiatan. Yang sering dilakukan oleh pendidik untuk mengembangakan kemampuan kognitif anak adalah dengan pemberian kegiatan pembelajaran loose parts, termasuk di TKS Aisiyiyah Bustanul Athfal VI Seddur Pakong
Dalam Penelitian ini terdapat tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian, yaitu: pertama bagaimana penerapan kegiatan pembelajaran Loose Parts untuk mengembangkan kognitif anak usia dini di TKS Aisiyiyah Bustanul Athfal VI Seddur, kedua apa manfaat dari penerapan kegiatan pembelajaran looseparts untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak usia dini di TKS Aisiyiyah Bustanul Athfal VI Seddur, dan ketiga apa saja kelebihan dan kekurangan penerapan kegiatan pembelajaran Loose Parts untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak usia dini di TKS Aisyiyah Bustanul Athfal VI Seddur Pakong.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informasinya adalah kepala sekolah TKS Aisyiyah Bustanul Athfal VI dan guru kelas TKS Aisyiyah Bustanul Athfal VI. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi dengan teknik metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, penerapan kegiatan media pembelajaran Loose Parts untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak dilakukan dengan cara sebelum melalkukaln proses pembelaljalraln guru menyialpkaln RPP daln medial terlebih dalhulu sebelum memulali proses pembelaljalraln. Pembelajaran Loose Parts ini memalng salngalt efektif daln dalpalt mengembalngkaln kemalmpualn Kognitifl alnalk dan juga guru dapat mendemonstrasikan terlebih dahulu mengenai media yang akan dipakai. Kedua, manfaat dari penerapan kegiatan media pembelajaran Loose Parts bagi anak dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak, yaitu mengembangkan keterampilan inkuiri (Rasa ingin tahu yang dialami anak) dan mengembangkan imajinasi dan kreativitas. Ketiga, Kelebihan dari penerapan kegiatan media pembelajaran Loose Parts bagi anak dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak, guru tidak terlalu banyak memberikan metode ceramah melalui guru akan mengajak anak untuk belajar sambal bermain dan anak lebih mudah dikondisikan sedangkan kekurangannya yaitu harus menyiapkan APE (alat pembelajaran edukatif) yang lengkap dan kursngnya guru pendamping pada anak yang terlalu aktif dalam pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain