Text
Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Melalui Media Kartu Kata Bergambar Pada Anak Kelompok A di PAUD Al-Mukhlis Larangan Luar
Kata Kunci : Kemampuan Berbahasa, Media Kartu Kata Bergambar,
Anak Usia Dini
Kemampuan berbahasa anak adalah suatu bidang pengembangan berbahasa
anak usia dini yang meliputi kemampuan mendengarkan, melihat serta mampu
mengungkapkannya dalam bentuk ucapan, hingga akhirnya memiliki
pembendaharaan kata dan mengenal simbol-simbol yang melambangkannya.
Dalam mengembangkan kemampuan berbahasa pada anak kelompok A di PAUD
Al-Muklis Larangan Luar, pendidik menggunakan media yang menarik yaitu
kartu kata bergambar. Media kartu kata bergambar merupakan salah satu media
visual yang dapat digunakan dalam proses pengembangan berbahasa bagi anak
usia dini. Berdasarkan hal tersebut maka terdapat tiga fokus dan tiga tujuan dari
penelitian ini, yaitu : pertama untuk mendeskripsikan bagaimana mengembangkan
kemampuan berbahasa melalui media kartu kata bergambar pada anak kelompok
A di PAUD Al-Mukhlis Larangan Luar, kedua mendeskripsikan faktor pendukung
dan penghambat dalam mengembangkan kemampuan berbahasa melalui media
kartu kata bergambar pada anak kelompok A di PAUD Al-Mukhlis Larangan
Luar, ketiga untuk mendeskripsikan implikasi penggunaan media kartu kata
bergambar terhadap kemampuan berbahasa pada anak kelompok A di PAUD AlMukhlis Larangan Luar.
Metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan
pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan menggunakan observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini yaitu kepala sekolah dan guru,
serta hasil pengamatan peneliti di PAUD Al-Mukhlis Larangan Luar. Analisis
data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Kemudian dalam pengecekan keabsahan data hasil penelitian peneliti
menggunakan perpanjangan keikutsertaan, observasi yang diperdalam, dan
triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, dalam mengembangkan
kemampuan berbahasa pada anak kelompok A di PAUD Al-Mukhlis melalui
media kartu kata bergambar adalah guru menentukan tema pembelajaran terlebih
dahulu, kemudian menunjukkan media kartu kata bergambar sesuai tema
pembelajaran dan mengajak anak berekplorasi dengan kartu kata bergambar
tersebut. Kedua, Faktor pendukung dalam mengembangkan kemampuan
berbahasa anak antara lain adalah peran guru dan desain kartu yang dibuat
semenarik mungkin. Sementara faktor penghambatnya antara lain adalah
perbedaan jenis kelamin, peran orang tua dan lingkungan sekitar, intelegensi anak.
Ketiga, Implikasi penggunaan media kartu kata bergambar terhadap kemampuan
berbahasa pada anak antara lain adalah anak mampu menjawab pertanyaan sesuai
pertanyaan guru, mengenal simbol-simbol, memperkaya pembendaharaan kata,
dan menirukan serta melafalkan huruf abjad pada kartu kata bergambar.
Tidak tersedia versi lain