Text
Implementasi Model Pembelajaran Kelompok Dalam Mengembangkan Kecerdasan Kognitif Anak Usia Dini Di TK Mentari Bangkit Parteker Pamekasan
Kata kunci: Model Pembelajaran Kelompok, Kecerdasan Kognitif, Anak Usia Dini
Pembelajaran PAUD memegang peranan sangat penting dalam proses
perjalanan hidup manusia. Di mana dalam suatu lembaga pastinya memiliki model
pembelajaran yang berbeda-beda dalam mengembangkan aspek perkembangan
anak, seperti model pembelajaran klasikal, model pembelajaran kelompok, sentra
serta area. Dari berbagai model pembelajaran yang ada model pembelajaran
kelompok dinilai lebih baik dari pada model pembelajaran klasikal karena metode
pembelajaran kelompok dapat mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak
usia dini secara optimal dan dapat memberikan kebebasan anak untuk memilih
kegiatan apa yang akan dilakukan masing-masing anak terlebih dahulu sesuai
dengan minatnya.
Berdasarkan hal tersebut, maka yang menjadi fokus penelitian dalam
penelitian ini ada tiga point penting. Pertama, bagaimana implementasi model
pembelajaran kelompok pada anak usia dini di TK Mentari Bangkit. Kedua,
bagaimana implementasi model pembelajaran kelompok dalam mengembangkan
kecerdasan kognitif anak usia dini di TK Mentari Bangkit. Ketiga, apa kendala
dalam implementasi model pembelajaran kelompok dalam mengembangkan
kognitif anak usia dini di TK Mentari Bangkit. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data primer yang
diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam
penelitian ini yaitu guru dan kepala sekolah TK Mentari Bangkit Parteker
Pamekasan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) implementasi model pembelajaran
kelompok di TK Mentari Bangkit dalam langkah pelaksanaannya sesuai dengan
langkah pelaksanaan yang ada dalam kegiatan pendahuluan/ awal, kegiatan inti,
istirahat, kegiatan penutup. (2) implementasi model pembelajaran kelompok dalam
mengembangkan kecerdasan kognitif anak usia dini di TK Mentari Bangkit dengan
cara eksperimen warna, mencocokan warna dan bilangan dengan warna yang
sesuai, menghubungkan bilangan atau kata, mengenal binatang melalui suara, dan
juga di TK Mentari Bangkit untuk membantu mengembangkan kecerdasan kognitif
anak ada pelajaran tambahan yaitu sempoa yang dapat membantu anak dapat
mengenal bilangan. (3) Kendala dalam implementasi model pembelajaran
kelompok dalam mengembangkan kecerdasan kognitif anak usia dini di TK
Mentari Bangkit, kendala utama terletak pada kecerdasan anak yang berbeda-beda,
ruang kelas yang terbatas, kurangnya tenaga pendidik dalam setiap kelas.
Tidak tersedia versi lain