Text
Strategi Guru Melatih Disiplin Anak Usia Dini Pada Kelompok A Di TK Muslimat Nu Sumedangan Pademawu Pamekasan
Kata Kunci: Melatih Disiplin, Strategi Guru
Pendidikan merupakan salah satu hal yang penting untuk diberikan sejak dini. Pada
masa kanak-kanak anak perlu mendapatkan pendidikan yang baik demi kehidupannya dimasa
yang akan datang. Salah satu pendidikan yang diperlukan yakni kedisiplinan. Dimana
kedisiplinan tersebut sangat penting untuk diajarkan demi tercapainya kehidupan yang sesuai
dengan norma yang ada sehingga anak dapat membedakan mana perbuatan yang baik dan
buruk sebagai makhluk sosial. Dalam melatih disiplin pada anak usia dini tidak semudah
membalikkan telapak tangan perlu adanya proses dan komitmen yang kuat terutama dari orang
tua krena anak lebih banyak menghabiskan waktunya dengan orang tua dari pada dengan
gurunya. Maka dari itu, dalam melatih kedisiplinan pentingnya guru melakukan strategi dalam
melatih disiplin.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua pembahasan yang menjadi fokus dalam
penelitian ini, yaitu yang pertama strategi guru dalam melatih disiplin anak usia dini pada
kelompok A di TK Muslimat NU Sumedangan, dan yang kedua faktor yang mempengaruhi
guru dalam melatih disiplin anak usia dini pada kelompok A di TK Muslimat NU Sumedangan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Sumber data yang
diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah kepala TK
Muslimat NU Sumedangan dan Guru Kelompok A di TK Muslimat NU Sumedangan.
Sedangkan pengecekan keabsahan datanya dilakukan melalui trianggulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru melatih disiplin anak usia dini
kelompok A di TK Muslimat NU sumedangan adalah meilakukan Peinanaman keidisiplinan,
dimana guru meinanamkan nilai-nilai keibaikan dalam meindisiplinkan anak muridnya sepeirti
meingeinalkan beirdoa seibeilum meilakukan keigiatan, membuang sampah pada tempatnya,
menyimpan sepatu pada rak sepatu, dll. Setelah melakukan penanaman, lalu guru membiasakan
anak dalam kedisiplinan. Dan juga guru membimbing atau memberi arahan pada anak, seirta
memberikan pujian agar anak lebih antusias dan semangat dalam melakukan hal-hal disiplin
baik dirumah maupun disekolah. Dari 4 strateigi guru dalam meilatih keidisiplinan teirseibut
meirupakan suatu strateigi yang cukup eifeiktif dalam meinanamkan keidisiplinan. Adapun faktor
yang meimpeingaruhi guru dalam meilatih disiplin anak pada keilompok A di TK Muslimat NU
Sumeidangan yaitu (1) Mood anak/ situasi hati, (2)Kondisi anak, dan (3) Lingkungan keiluarga.
Tidak tersedia versi lain