Text
Studi Fenomenologi Demotivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 7 Pamekasan,
Kata Kunci: Fenomenologi, Demotivasi belajar, Siswa.
Dalam proses pembelajaran, keadaan minat belajar siswa tidak terus
menerus meningkat, ada kalanya keadaan tersebut menurun bahkan sulit untuk
pulih. Hal tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor baik dari keluarga,
lingkungan sekolah, dan teman-temannya. Minat belajar siswa menjadi tolak ukur
keberhasilan belajar siswa. Menurunnya motivasi atau yang dikenal demotivasi
belajar siswa menjadi pengaruh besar terhadap berlangsungnya proses belajar
mengajar. Selain beresiko terhadap siswa yang terjangkit demotivasi tersebut,
juga berpengaruh terhadap teman-temannya yang lain. Fenomena ini mengganggu
keberlangsungan kegiatan belajar-mengajar, dan target pencapaian mengajar guru.
Pembelajaran interaktif yang memungkinkan siswa untuk berpartisipasi sangat
membantu mengurangi demotivasi belajar siswa. Guru BK sebagai orang yang
memiliki kewajiban untuk dekat dengan siswa memiliki kewajiban untuk
berupaya mengurangi demotivasi belajar siswa. Maka permasalahan yang menjadi
kajian pokok di dalam penelitian ini yaitu pertama seperti apa gambaran
demotivasi belajar siswa di SMP Negeri 7 Pamekasan, kedua apa faktor yang
menjadi penyebab demotivasi belajar siswa di SMP Negeri 7 Pamekasan, ketiga
bagaimana peran guru BK dalam mengurangi demotivasi belajar siswa di SMP
Negeri 7 Pamekasan.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif
dengan jenis fenomenologi. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan
data sekunder. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dengan cara
wawancara terstruktur, observasi non partisipan dan dokumentasi. informannya
adalah siswa dan guru BK.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, gambaran demotivasi
belajar siswa berupa siswa jarang masuk sekolah, tidak mengikuti jam pelajaran,
siswa yang memisahkan diri dari teman-temannya, jarang mengerjakan tugas
bahkan tidak mengerjakan tugas sama sekali, dan siswa yang mengabaikan
penjelasan guru saat pelajaran berlangsung. Kedua, faktor yang menjadi penyebab
demotivasi belajar siswa antara lain faktor keluarga, faktor lingkungan sekolah,
dan faktor teman-temannya. Ketiga peran guru BK dalam mengurangi demotivasi
belajar siswa dengan memberikan bimbingan klasikal saat mata pelajaran
Bimbingan dan Konseling, melakukan bimbingan individu terhadap siswa yang
bermasalah, jika kesalahan tersebut terulang lagi maka disampaikan kepada orang
tua siswa dengan cara memanggil orang tua siswa dan home visit.
Tidak tersedia versi lain