Text
Dampak Pola Komunikasi Orang Tua Pada Kepercayaan Diri Siswa Kelas V Mi Miftahul Ulum Battang-batang Daya, Batang-batang Sumenep
Kata Kunci: Pola Komunikasi Orang Tua, Kepercayaan Diri
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pola komunikasi orang tua yaitu bagaimana cara
orang tua berkomunikasi, cara orang tua mendidik, cara orang tua memberikan pengertian serta
cara orang tua merawat anak. Sehingga berpengaruh terhadap kepercayaan diri siswa. Adapun
fokus penelitian yang menjadi acuan dalam kajian penelitian ini yaitu: Pertama, Bagaimana
gambaran pola komunikasi orang tua pada siswa kelas V MI Miftahul Ulum di Batang-batang
Daya, Batang-batang Sumenep?, Kedua, Bagaimana gambaran kepercayaan diri siswa kelas V
MI Miftahul Ulum Batang-batang Daya, Batang-batang Sumenep?, Ketiga, Bagaimana
dampak pola komunikasi orang tua pada siswa kelas V MI Miftahul Ulum Batang-batang Daya,
Batang-batang Sumenep?
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang
digunakan oleh peneliti yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam analisis data yaitu
tahap awal tahap Reduksi data, Tahap kedua tahap Penyajian Data, Tahap ketiga tahap
penarikan Kesimpulan. Kemudian dalam proses pengecekan keabsahan data hasil penelitian
melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan yang terakhir melalui
triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, gambaran pola komunikasi di lokasi
peneliti yaitu sudah ada sebagian orang tua yang menggunakan pola komunikasi Authoritative
meskipun masih ada beberapa dari mereka yang masih menggunakan pola komunikasi yang
kaku atau pola komunikasi Authotarian, Kedua, gambaran kepercayaan diri siswa kelas V
sudah banyak siswa yang percaya diri dan jika di persentasekan sebanyak 70% siswa yang
sudah percaya diri, dapat dilihat dari keaktifan siswa ketika didalam kelas maupun diluar kelas,
dan juga sudah banyak siswa yang mengikuti perlombaan-perlombaan, meskipun masih ada
siswa yang kurang percaya diri sekitar 30% jika di persentasekan. Ketiga, dampak dari pola
komunikasi ini sendiri yaitu pada kepercayaan diri siswa dapat dilihat dari kebiasaan orang tua
sering yang membentak anak ketika melakukan sedang kesalahan, hal seperti itu akan membuat
anak menjadi minder dan tidak percaya diri sehingga mereka akan takut untuk mencoba hal
yang baru karena takut salah. Jadi orang tua harus tahu betapa pentingnya pola komunikasi
bagi pertumbuhan anak.
Tidak tersedia versi lain