Text
Problem Guru Pada Matapelajaran Matematika Kelas III MI Tarbiyatus Shibyan Bakeong Guluk-Guluk Sumenep
Kata Kunci:Problem, Guru, Matematika, Angka
Problem guru matapelajaran matematika adalah menerjemah soal cerita
kedalam bentuk bilangan, hal inilah yang membuat siswa merasa belajar
matematika lebih sulit dari pada matapelajaran lainnya. Oleh karena itu peneliti
tertarik untuk melakukan penelitian tersebut, peneliti ingin mengetahui penyebab
dari kesulitan tersebut. Permasalahan-permasalahannya yaitu pertama apa saja
permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh guru kelas III, kedua metode apa
yang diterapkan oleh guru pada matapelajaran kelas III, ketiga bagaimana solusi
dari guru untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh guru, keempat apa
saja faktor-faktor yang menjadi penyebab adanya permasalahan pada mata
pelajaran matematika kelas III MI Tarbiyatus Shibyan.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan sumber
data utama dari guru matematika kelas III, peserta didik Kelas III, dan juga kepala
sekolah MI Tarbiyatus Shibyan, dengan teknik penelitian yang dilakukan yaitu
dengan cara wawancara, juga dengan sumber data tambahan melalui observasi,
dokumentasi dan juga angket, dan pengecekan keabsahan data dari penelitian ini
dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini yaitu permasalahan yang sering dihadapi oleh guru
matematika kelas III yaitu peserta didik sering mengalami kesulitan pada materi
pembagiam, peserta didik juga banyak mengalami kesulitan pada materi
perkalian, dan peserta didik berkesulitan dalam menerjemah soal cerita terhadap
angka, dengan metode yang diterapkan guru matematika yaitu menggunakan
metode ceramah, permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh guru tersebut
diselesaikan dengan guru hanya memberikan penjelasan ulang terhadap materi
yang tidak dipahami oleh peserta didik, tanpa guru mencoba menerapkan cara lain
untuk mengtasi hal tersebut, semua itu dilakukan karena sarana yang tidak
memadai sehingga guru kelas III memilih jalan tersebut untuk menangani
kesulitan yang dihadapi oleh peserta didik, permasalahan yang terjadi pada mata
pelajaran matematika kelas III MI Tarbiyatus Shibyan terdapat 2 faktor yang
pertama Faktor internal yang diantarnya: kurangnya minat peserta didik dan
rendahnya kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik. kedua faktor internal
diantaranya yaitu: kurangnya peran orang tua terhadap anak, sarana dan prasarana
yang kurang memadai, dan kurangnya metode yang diterapkan oleh guru.
Tidak tersedia versi lain