Text
Upaya Menanamkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Melalui Kegiatan Hafalan Juz Amma di MI Nurul Hikmah Pasongsongan Sumenep
Kata Kunci: Kecerdasan Spiritual, Hafalan Juz Amma.
Pendidikan islam selalu menjunjung tinggi nilai-nilai spiritual keimanan dan
ketakwaan kepada Allah SWT setiap proses pendidikannya serta menanamkan nilai-nilai
spiritual tersebut kedalam hati peserta didiknya agar mereka yakin bahwa nilai-nilai spiritual
itulah yang akan menjadi dasar utama dalam menjalankan kehidupannya. Dengan demikian
para peserta didik akan lebih mudah dalam beristiqomah untuk tetap berada di jalan yang benar
dan dapat menjauhkan diri dari maksiat kepada Allah SWT. Mengetahui tujuan penciptaannya
yaitu agar selalu beribadah dan menghambakan diri kepada Allah SWT serta berkhlaq mulia
dan dapat bertindak sesuai dengan fitrah manusia yang telah Allah tetapkan. Mengetahui
besarnya manfaat kecerdasan spiritual bagi peserta didik dalam sebuah proses pendidikan maka
perlu adanya sebuah metode dalam meningkatkan spiritualnya guna mempermudah dalam
mencapai tujuan pendidikan islam itu sendiri. Sehingga dalam penelitian ini terdapat tiga fokus
penelitian yaitu: pertama bagaimana pelaksanaan program kegiatan hafalan juz amma di MI
Nurul Hikmah Pasongsongan Sumenep?, kedua, apa saja faktor hambatan kegiatan hafalan juz
amma terhadap kecerdasan spiritual peserta didik di MI Nurul Hikmah Pasongsongan
Sumenep?, ketiga, bagaimana gambaran kecerdasan spiritual peserta didik melalui kegiatan
hafalan juz amma di MI Nurul Hikmah Pasongsongan Sumenep?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, sumber data
yang diperoleh melalui wawancara, obeservasi dan dokumentasi dengan subjek penelitiannya
adalah kepala sekolah, guru takhfid dan siswa kelas V MI Nurul Hikmah Pasongsongan
Sumenep. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan kreadibility, trianggulasi
dan konfermability
Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, pelaksanaan program dalam
kegiatan hafalan juz amma di MI Nurul Hikmah Pasongsongan Sumenep dengan melaksanakn
program pembelajaran yang ada dildalam kelas yaitu pembelajaran Al-Qur’an dimana sudah
dipelajari atau sudah dibiasakan dalam menghafal juz amma baik didalam kelas maupun diluar
kelas, dan dimulai dengan membaca durat-surat pendek yang sudah dihafal serta mengulangulang berapa kali yang bertujuan agar siswa mudah hafal.kedua, faktor hambatan kegiatan
hafalan juz amma terhadap kecerdasan spiritual peserta didik di MI Nurul Hikmah
Pasongsongan Sumenep yaitu banyak hal yang difikirkan dalam satu waktu, kurang praktik
dalam menghafal Al-Qur’an serta putus asa ketika tidak mencapai target. Dan terdapat faktor
internal dan eksternal, dimana faktor internal ini terdapat dalam diri siswa sendiri yaitu segi
emosional dan keinginan. Sedangkan faktor eksternal disini dapat dilihat dari sisi keluarga dan
lingkungannya. Ketiga, gambaran kecerdasan spiritual peserta didik disini bisa dilihat dari sisi
spiritualnya bahwa siswa yang lebih cerdas ataupun tingkat keinginannya untuk lebih
menghafal Al-Qur’an yaitu dari segi kesopanan, ibadahnya, dari segi sholatnya misalkan
praktek sholat seperti shalat dhuha berjemaah, maka dari situ bahwa yang lebih banyak
menghafal juz amma ini akhlaqnya lebih baik karena mereka bukan sekedar menghafal
melainkan bisa memberikan makna dari Al-Qur’an, serta memahami maknanya.
Tidak tersedia versi lain