Text
Urgensi Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Minat Baca Anak Kelas II di SDN Bangkes I Kadur Pamekasan
Kata Kunei: Urgensi, Profesionalisme Guru, Minat Baca
Literasi khususnya minat baca pada siswa merupakan salah satu permasalahan yang
perlu diperhatikan oleh masyarakat dan pemerintah di Indonesia. Membaca dan menulis di
masyarakat Indonesia belum dijadikan sebagai kebiasaan sehari-hari. Literasi perlu diajarkan
dan diterapkan ke peserta didik mulai dari awal masuk sekolah sehingga menjadi dasar agar
proses belajar mengajar mencapai keberhasilan. Adapun tujuan penelitian ini, yaitu: 1)
Bagaimana peran guru profesional dalam meningkatkan minat baca anak kelas II di SDN
Bangkes 1Kadur sebagai salah satu lembaga pendidikan yang berusaha mengembangkan
minat baca anak supaya tidak terbelakang dan statis dalam penguasaan ilmu pengetahuan. 2)
kendala apa saja yang dihadapi guru dalam meningkatkan minat baca anak kelas II di SDN
Bangkes 1 Kadur.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif.Subjek
penelitian ini adalah beberapa siswa kelas II yang mempunyai minat baca rendah, wali kelas
II dan Kepala sekolah. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang berasal dari hasil
wawancara dengan beberapa siswa, wali kelas II, dan kepala sekolah, serta sumber data
sekunder adalah berupa struktur organisasi sekolah, daftar nama guru dan nama siswa serta
profil sekolah SDN Bangkes 1Kadur.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
observasi,wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini, yaitu
reduksi data, penyajian data, dan Conclution Drawing/Verivication.
Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa profesionalisme guru dalam
meningkatkan minat baca anak kelas II di SDN Bangkes 1 Kadur memiliki peran yang sangat
penting agar motivasi minat baca peserta didik meningkat, siswa tidak tertinggal, dan
pengetahuan yang dinamis. Peran profesionalisme guru guna meningkatkan minat baca anak
kelas II, yakni sebagai pendidik, pengajar,inspirator, fasilitator, pengelola kelas, dan
motivator. Sebagai pendidik yang bisa dilaksanakan guna mengembangkan minat baca anak
di SDN Bangkes 1 adalah melakukan gerakan literasi sekolah yang telaten. Adapun Kendala
guru dalam meningkatkan minat baca anak kelas II di SDN Bangkes I Kadur terdiri dari faktor
akademik, yakni perbedaan kepribadian setiap siswa, Faktor lingkungan,yakni setiap anak
memiliki perspektif berbeda, baik di dalam maupun di luar sekolah,faktor infastruktur, yakni
internet kadang-kadang mengalami loading karena penggunanya terlalu banyak, donasi buku
yang diberikan peserta didik kelas 2masih didominasi oleh buku pembelajaran bukannya buku
bergambar dan dongeng,dan faktor bahan ajar, yakni kurangnya buku yang memiliki daya
tarik murid untuk dibaca,misalnya majalah, buku dongeng dan lain-lain
Tidak tersedia versi lain