Text
Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Dengan Penggunaan Strategi Crossword Puzzle Pada Materi Haji Dan Umroh Siswa Kelas V MI Tanwirul Hija I Kabupaten Sumenep
Kata kunci: Crossword Puzzle, Prestasi Belajar
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang aktif dan efisiennya
pembelajaran terhadap strategi yang diterapkan oleh guru terhadap siswa di MI
Tanwirul Hija I terutama dalam materi haji dan umroh kelas V sehingga siswa
merasa bosan yang menyebabkan tidak aktifnya aktivitas pembelajaran dikelas,
serta berbicara sendiri sehingga berdampak pada prestasi belajar siswa yang
cenderung beberapa dari siswa akan menurun.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar
siswa dengan penggunaan strategi crossword puzzle serta bertujuan untuk
mengetahui bagaimana cara menerapkan strategi crossword puzzle pada materi
haji dan umroh yang efisien terhadap siswa kelas V MI Tanwirul Hija I
Kabupaten Sumenep.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian
tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus, yaitu siklus
1 dan siklus 2, dikarenakan pada siklus 2 sudah mencapai indikator keberhasilan
dalam penelitian maka tindakan selanjutnya sudah dihentikan. Tindakan dari
masing-masing siklus dilakukan dalam satu pertemuan, dalam setiap
pertemuannya terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan prestasi belajar
siswa dengan penggunaan strategi crossword puzzle pada materi haji dan umroh
siswa kelas V MI Tanwirul Hija I Kabupaten Sumenep. Pada pra siklus presentase
siswa yang tuntas mencapai 23,1% atau 3 dari 13 siswayang tuntas dengan
perolehan nilai rata-rata 46,9. Pada siklus 1 pertemuan I presentase siswa yang
tuntas yaitu 46,1% atau 6 dari 13 siswa yang tuntas dengan perolehan nilai ratarata yaitu 65,3 dan pada pertemuan II presentase siswa yang tuntas yaitu 61,5%
atau 8 dari 13 siswa yang tuntas dengan perolehan nilai rata-rata 68,4. Sedangkan
pada siklus 2 pertemuan I presentase siswa yang tuntas yaitu 69,2% atau 9 dari 13
siswa yang tuntas dengan perolehan nilai rat-rata yaitu 69,2 dan pertemuan II
presentase siswa yang tuntas yaitu 84,6% atau 11 dari 13 siswa yang tuntas
dengan nilai rata-rata 81,5. Jadi dapat disimpulkan dari hasil penelitian ini bahwa
dengan penggunaan strategi crossword puzzle pada materi haji dan umroh terbukti
dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Tidak tersedia versi lain