Text
Pengaruh Learning By Playing Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas IV SDN Branta Pesisir III Tlanakan Pamekasan
Kata Kunci : Learning By Playing, Minat Belajar, Matematika, permainan
Learning by playing (belajar sambil bermain) adalah salah satu metodeyangmembuat siswa
lebih fokus dan menarik perhatian siswa Ketika proses pembelajaran berlangsung. Minat belajar
adalah rasa ketertarikan terhadap belajar atau rasa senang dan keinginan siswa untuk belajar.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada satu permasalahan yang menjadi kajian pokok pada penelitian
ini, yaitu Adakah pengaruh learning by playing terhadap minat belajar siswa pada mata Pelajaran
matematika dikelas IV SDN Branta Pesisir III Tlanakan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen,
dimana menggunakan desain eksperimen kuasi. Sumber data diperoleh melalui, angket dan
dokumentasi. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dengan jumlah
53 siswa. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji t, dimana sebelum menggunakan uji
t maka harus melakukan pra syarat uji t yaitu melakukan uji normalitas dan uji homogenitas.
Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji t dengan bantuan SPSS 25 for windows.
Hasil uji normalitas pada kelas kontrol yaitu 0,155 > 0,05 dan pada kelas eksperimen yaitu 0,181
> 0,05, dapat disimpulkan bahwa data kelas kontrol dan kelas eksperimen berdistribusi normal.
Uji homogenitas pada penelitian ini menghasilkan 0,167 > 0,05, maka berarti kedua varians
homogen. Hasil uji t pada penelitian ini yaitu diperoleh t hitung = 4,537 dan nilai t tabel = 1,675
dimana untuk df = N-2 =53 – 2 = 51. Maka diperoleh kesimpulan bahwa Ada pengaruh
penggunaan learning by playing terhadap minat belajar siswa pada mata Pelajaran matematika
dikelas IV SDN Branta Pesisir III Tlanakan Pamekasan. Dibuktikan dengan adanya perhitungan
uji t, dimana setelah nilai t hitung diperoleh, kemudian nilai tersebut dibandingkan dengan t tabel,
dimana untuk df = N-2 = 53-2 = 51. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar
4,537 lebih besar dari pada nilai t tabel yaitu 1,675
Tidak tersedia versi lain