Text
Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Power Point Terhadap Peningkatan Efektivitas Pembelajaran IPA Dikelas III SDN Lemper 1
Kata Kunci : Efektivitas, Media Power Point
Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya masalah Bagaimana
Implementasi media pembelajaran intraktif berbasis power point dalam
efektivitas pembelajaran IPA siswa kelas III di SDN Lemper 1. Kedua apakah ada
pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis power point terhadap
peningkatan efektivitas pembelajaran IPA kelas III SDN lemper. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi media pembelajaran intraktif
berbasis power point pada pembelajaran IPA siswa kelas 3 di SDN Lemper 1 dan
untuk mengetahui pengaruh penggunaan power point sebagai alat bantu media
pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dikelas III SDN
lemper 1.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk
mengetahui pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis power point
terhadap peningkatan efektivitas pembelajaran IPA dikelas III SDN lemper 1.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN lemper 1 sebanyak 23 siswa
yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan pada semester genap
tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini dilaksanakan dengan melalui tahap
perencanaan, pelaksanaan, analisis dan temuan setelah diperoleh berupa data
kuantitatif hasil belajar siswa, maka selanjutnya dilakukan analisis deskriptif dan
uji t-tes.
Hasil penelitian implementasi media pembelajaran interaktif power point
pada pembelajaran IPA yaitu: adanya pengorganisasian materi yang baik berupa
RPP dan guru mempersiapkan media pembelajaran interaktif berbasis power
point; Komunikasi yang efektif ditunjukkan dengan adanya proses pembelajaran
bersesuaian dengan RPP, dimana kegiatan inti terdiri dari 5M (mengamati,
menanya, mencoba, menalar, mengkomunikasikan); Penguasaan dan antusiasme
terhadap materi pembelajaran dilihat dari proses interaksi siswa dalam melihat
media pembelajaran interaktif berbasis power point; Sikap positif terhadap siswa
dapat dilihat dari antusias dalam proses pembelajaran; Pemberian nilai yang adil,
sesuai dengan kinerja proses pembelajaran yang telah dilakukan oleh sisw;
Keluwesan dalam pendekatan pembelajaran yang dilakukan guru dan media
pembelajaran yang mendukung; Hasil belajar siswa yang baik, dapat dilihat dari
hasil peneliti lakukan dalam melakukan evaluasi pembelajaran menggunakan
media pembelajaran interaktif berbasis power point. Adanya pengaruh
pembelajaran interakti berbasis power point terhadap peningkatan efektivitas
pembelajaran IPA kelas III SDN lemper 1. Hal tersebut terlihat dari perbandingan
antara nilai pritest dan postest. Nilai rata-rata pretest yang di peroleh sebesar
48,69 nilai rata-rata tersebut berada pada interval 55-64 yang termasuk dalam
kategori rendah. Sedangkan nilai rata-rata postest yang diperoleh yaitu sebesar
75,42 yang berada pada interval 65-84 yang berati berada pada kategori tinggi.
Selain itu juga digunakan perhitungan uji t-tes. Hasil penelitian diperoleh thitung
=1,460 dan ttabel=2,571 maka thitung ttabel atau 1,460, 2,571 sehingga dapat di
Tidak tersedia versi lain